Home >> Tips >> Tips Seputar Slow Cooker
Tips Seputar Slow Cooker
Bagi mama kece yang udah punya slowcooker mungkin tips-tips yang aku tulis disini udah pada paham semua. Tapi buat mama kece yang lagi pengen beli slowcooker (terutama untuk MPASI Rumahan), semoga tulisan ini berguna yah!
Mamaku Koki Handal /
Thu Dec 2014, 03:12
Saus Bolognaise Ala Mamah Menggunakan Slow Co

Tulisan ini adalah reblog dari web lama kami www.mpasirumahan.com

Saya CINTA SlowCooker, ini adalah benda yang paling membantu saya disaat membuat MPASI untuk anak saya. Terutama kalau membuat nasi tim. Maklum, dulu kan masih kerja kantoran. Berangkat pagi, pulang malem. Mau masak tengah malem bisa aja sih, tapi kalo pas ngantuk banget ya.... Zzzz... Hahhaha...

Saya akan share sedikit tips dan trik sebelum dan cara penggunaan slowcooker secara umum, yah. Slowcooker sekarang itu mereknya buanya banget. Dari yang paling terkenal merek "Crock Pot", "Takahi", sekarang kayaknya semua brand peralatan rumahtangga punya slow cooker deh. Saya sendiri pengguna Takahi (yang mini) dan Maspion. *aku cintah plodukk dalam negeli*.

Tips membeli slowcooker:

1. Kalo beli yang elektrik, cek watt-nya. Semakin kecil semakin baik karena nggak boros listriknya. Kan TDL naik terus yah. (curhat)
2. Pastikan slowcooker yang dibeli memiliki model pot yang bisa dicopot/dilepas dari elemen penghangatnya. Supaya gampang bersihinnya.
3. Cari yang punya tutup dari kaca, karena tutup kaca akan menutup lebih rapat dari yang plastik.
4. Lihat keperluannya, kalo emang cuman buat masak makanan bayi, nggak usah beli yang terlalu besar. Karena pada saat memasak, paling tidak harus terisi hingga setengah pot. Kalau memang untuk jangka panjang dan sekalian buat ‘eksperimen’ di rumah.. ya beli yang sedang – besar. Tapii.. paling enak sih punya paling enggak 2 macem ukuran.. hehehehe..

Coba liat pendapat soal slowcooker di http://www.epinions.com/Crock_Pots_and_Slow_Cookers

Keuntungan memasak dengan Slowcooker

Banyakkkk…. Ini beberapa keuntungan yang saya rasakan (kok berasa testimonial MLM, yah :D):

  1. Menyenangkan! Karena SC bisa dipakai untuk memasak hampir segala macam masakan tanpa harus ditungguin… tinggal dicemplungin, trus ditinggal bersih-bersih rumah atau bahkan tidur dan diaduk dikit! Asik banget kan!
  2. Bisa mengempukkan daging secara sempurna, dan tetep menyimpan sebagian besar gizinya! (karena dimasak dengan panas berikut uapnya secara perlahan)
  3. Karena slowcooker ini pakai tenaga listrik, oven dan kompor jadi bisa buat masak yang lainnya.
  4. SC yang bagus akan menkonsumsi hanya sedikit daya listrik, hemat dan dapur tetap bersih!
  5. Zat gizi yang menguap lebih sedikit daripada dimasak secara konvensional. (karena dimasak secara perlahan)


Seberapa ekonomis sih sebenarnya SC inih?

Tergantung dari mereknya juga sih… Beberapa review mengatakan bahwa menggunakan SC dengan settingan LOW sama dengen menyalakan bohlam berdaya 60watt.
( http://www.betterbudgeting.com/articles/money/savingonpower.htm )

Tapi ada yang berpendapat dengan menyalakan SC selama 24 jam nonstop menggunakan energi yang sama banyak seperti menyalakan oven selama 1 jam.
( http://www.npower.com/yourhome/green/homeenergyguide/ )


Apa saja yang bisa dimasak dengan menggunakan slowcooker?

Hampir semua, Mamaaaaaaa!

Roti, cake, minuman hangat, kaserol, desserts dan makanan pembuka dan tentu saja hidangan utama, jangan lupa Sup, stews, gravy (makanan yang perlu proses masak lama). Yang di foto paling atas, itu adalah resep Saos Bolognaise Ala Mamah (ada di buku 99+Resep Rumahan Cihuy!) tapi masaknya pake slowcooker. Hadoh hadoh keterlaluian deh, enaknya!

Ini ada contoh penggunaan slowcooker untuk masak Sup Labu Iga, dan Cake Labu Cokelat.

Untuk memasak bubur/tim saring untuk MPASI Rumahan/makanan bayi menggunakan slowcooker bisa simak tips dari Makmod Yudith dihttp://bit.ly/MisteriSCMKH

Makanan apa yang tidak cocok dimasak dalam SC?
Produk-produk susu cenderung akan ‘pecah’ saat dimasak. Jadi pilihannya, hindari menggunakan produk susu atau gantikan dengan olahannya yang lebih stabil seperti keju yang sudah diproses atau susu evaporasi (evaporated milk)  atauu tambahkan saja di akhir proses memasak.

Bahan-bahan dari tepung seperti pasta dan misua/bihun/kwetiao cenderung ‘blenyek’ bila dimasak dengan SC. Jadi sarannya adalah masak dulu terpisah, dan tambahkan saat setengah jam akhir memasak. Walau ada juga sih yang sukses masak dari awal.

Ikan, Ikan laut dan ‘mahluk’ laut lainnya nggak cocok dimasak teralu lama dalam SC. Jadi jangan dimasak teralu lama atau tambahkan di saat-saat terakhir dalam keadaan sudah ditummis yah. Skalo dimasukin dalam keadaan mentah bikin amis masakan.

Tahu, Tempe, Tofu juga nggak bisa dimasak teralu lama. Blenyek dan hancur. Jadi solusinya, tambahkan di saat akhir memasak.

Beberapa Link Resep SC (untuk dewasa, silakan modif supaya cocok untuk bayi-batita Anda)

http://search.allrecipes.com/recipe/quick.asp?q1=crockpot&qwt=1&siteid=52&srt=1&x=5&y=4

http://members.amaonline.com/nrogers/Kitchen/crockpot.htm

http://www.recipegoldmine.com/crockpot/crockpot.html

http://www.recipeusa.org/crockpot.htm

http://busycooks.about.com/od/slowcookerrecipes/

http://southernfood.about.com/od/crockpotrecipes/

http://www.recipelink.com/rcpcp.html

http://www.diabetic-recipes.com/cat_crockpot.htm

Segitu dulu aja kali yah.

Tulisan ini ditulis bebas oleh @depezahrial.

Sumber : google, milis slowcooker, manual book takahi sc

comments powered by Disqus