Home >> Tips >> Telur Selang-Seling Bentuk Hati
Telur Selang-Seling Bentuk Hati
Mama Kece, yuk bikin variasi telur dadar yang lucu ini. Cucok deh untuk bikin meriah acara makan atau bento si kecil!
Makmod DepeZahrial /
Tue Dec 2014, 04:12
Telur Dadar Selang-Seling Bentuk Hati

Telur!

Kayaknya sih, hampir semua anak kecil seneng banget sama telur. Telur ceplok, telur dadar, telur rebus, telur campur keju, telur orak arik sayuran, telur orak-arik lembut, telur ceplok setengah mateng, telur bennedict, ahhhh cuman langit yang bisa membatasi aneka kreasi masakan dari telur. Abis diapain aja enak :D

Selain enak, telur juga mengandung banyak protein (inget dong Ade Rai makan putih telur banyak banget supaya berotot-berotot-berotot), telur punya lemak baik (dan enak rasanya :D), dan kalori yang nggak terlalu besar (cucok dong  buat emak-emak ini). Kecuali mungkin setiap hari makan 5 butir telur, nggak akan sampe bisulan, kok :D

Ada tips nih buat memilih telur yang segar, caranya adalah dengan memasukkan telur (utuh yaaa, jangan dipecahin) ke dalam baskom isi air. Kalau telurnya mengambang artinya telur sudah nggak segar lagi. Telur segar akan anteng berada di bagian bawah baskom. Silaken dicoba, yah!

Nahhh.... Tapi kita nggak mau ngebahas soal kandungan gizi telur, kita mau ajarin Mama Kece untuk bikin variasi penyajian telur supaya lebih lucu dan imut untuk di'pamer'kan ke anak manis. Berikut bahan dan alat yang mama perlukan:

Telur Dadar Selang Seling

www.mamakukokihandal.com

Bahan:

2 Butir telur ayam, pisahkan kuning dan putihnya dalam 2 mangkuk.

1 sdm (peres) tepung maizena

4 sdm air matang/susu cair

sedikit garam dan merica untuk membumbui

margarine/mentega/minyak sayur

Alat:

Wajan/pan anti-lengket (kalo bisa sih yang bentuknya kotak khusus buat bikin Tamago Yaki a.k.a telor dadar ala Jepang, kalo ga ada pake wajan anti-lengket biasa juga boleee)

Sutil

Kompor! *yaiyadong*

Cara Membuat:

1. Kocok lepas putih telur dengan sumpit. tambahkan separuh tepung maizena, kocok rata lagi, tapi hati-hati jangan sampai terlalu berbuih ya. Bumbui dengan sedikit garam-lada

2. Tambahkan tepung maizena dan air/susu ke wadah yang berisi kuning telur, kocok lepas, tambahkan garam lada. (putih telurnya kalau mau lebih putih juga bisa ditambah maizena, tapi jangantambahkan air/susu)

3. Cara menggoreng dan membentuknya cek di video di bawah ini yah!

Gimana? Udah jelas yah, sekarang silakan praktek di dapur masing-masing! Kalau nggak punya wajan kotak, nggak masalah, pakai aja wajan antilengket yang ada di rumah. Pasti jadi dan dengan latihan banyak pasti bisa lebih rapi daripada punya Mamah :D :D:)

Kalau sudah bikin, pamerin ke IG dan Twitternya Mamah di @MamaKokiHandal, yah!

Good luck in the kitchen!

comments powered by Disqus