Home >> Resep 9 11 Bulan >> Makaroni Skutel Yogurt
Makaroni Skutel Yogurt
Untuk 9 Bulan+. Ini resep yang tercipta secara kebetulan, tujuannya cuman untuk bekal sarapan *kedua* setelah berenang.
MakMod DepeZahrial /
Fri Jun 2014, 11:06
Makaroni Skutel Yogurt ala MPASI Rumahan

Jadi, kebetulan, tadi pagi anak saya ingin berenang. Kebetulan, ada teman yang juga member milis berencana membawa anaknya berenang untuk pertama kali. Jadilah kita menyusul dia berenang di tempat yang sama.

Nah, anaknya ini masih alergi dengan susu sapi utuh (wholemilk) tapi toleran terhadap produk turunannya (keju, dan yogurt). Saya lantas berpikir, wah kalo mau share sarapan harus yang bisa dimakan anak teman saya dan enak buat anak saya plus keluarga. Terinspirasi dengan masakan orang India dan Turki yang sering menggunakan Yogurt untuk campuran masakan, lalu saya berpikir, "Hey, ganti saja susu-nya dengan yogurt It won't be bad" Dan yogurt ini buat saya gampang banget didapat, selalu sedia di kulkas :D :D :D *tukang yogurt*

Dan jadilah eksperimen di dapur, males ngeluarin oven jadi saya kukus saja. Alhamdulillah, ternyata bisa diterima dengan baik rasa-nya. Anaknya juga nggak ada gangguan apa-apa... Hehehhe...

Bahan:

  • 50gr pasta kering (saya pakai makaroni alfabet yang kuecil bentuknya dengan asumsi anak temen saya ini giginya belom lengkap,kalo pake makaroni biasa saya repot harus ngehancurin dulu supaya mengurangi kans tersedak potongan besar. Tapi pakai Makaroni biasa juga boleh, hancurkan dulu sebelum direbus)
  • 100 gr ayam cincang / daging cincang halus
  • 80 gr sayuran pilihan (bisa wortel, buncis, bayam, brokoli, dll), cacah halus
  • 90 gr keju cheddar parut
  • 100 ml yogurt plain kental
  • 100 gr bawang bombay cincang halus
  • Mentega/minyak sayur untuk menumis secukupnya
  • Oregano secukupnya (kalau anaknya sudah umur 12 bulan+ bisa tambah sedikit merica biar sedap)
  • 4 kuning telur (Kalau anaknya sudah lebih dari 1 Th bisa menggunaan 2 telur ayam utuh)
Cara Membuat:
  1. Rebus pasta dalam panci.
  2. Sambil menunggu pasta matang, tumis bawang bombay hingga harum, tambahkan oregano, merica dan daging/ayam cincang, aduk sebentar sampai agak matang, tambahkan sayurannya. angkat sebelum terlalu matang. Masukkan dalam mangkok besar.
  3. Setelah pasta juga mengembang, saring, masukkan dalam mangkok berisi tumisan tadi. Tambahkan parutan keju, yogurt. Aduk rata.
  4. Panaskan dandang. Sementara menunggu panas, tambahkan telurnya.
  5. Taruh adonan dalam cup-cup alumunium foil/wadah kaca tahan panas. masukkan dalam dandang, kukus 20 menit atau hingga matang.

Selamat mencoba ya, Mama Kece!

comments powered by Disqus