Home >> Resep 6 8 Bulan >> Sari Pati Ayam A’la Syarmi Amanda
Sari Pati Ayam A’la Syarmi Amanda
mamakukokihandal /
Mon Jun 2014, 08:06

Beberapa waktu lalu, Mamah ngobrol dengan Mama Syarmi Amanda. Mama kece dari Amaia (2th 3bln) ini punya resep untuk bikin Sari Pati Ayam yang dia dapat dari temannya+hasil kursus.

Saya penasaran banget pengen tahu dan minta diajarin cara bikinnya, soalnya sari pati ayam itu terkenal bisa meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit anak-anak yang “ecek-ecek tapi ganggu” seperti pilek, batuk, masuk angin :D

Ternyata, caranya gampwang lho!

Yaaaa… Rada repot dikit, but worth the efforts. Mama Syarmi Amanda memakai ayam kampung karena konon lebih berkhasiat dan tidak amis.

Jadi, yang mama akan perlukan adalah:

 

BAHAN dan ALAT

  • 5 Ayam Kampung yang disisihkan daging+kulit sehingga hanya tersisa tulang-tulangnya saja. Kukusan besar
  • Saringan/colander santan.
  • Kain halus/tipis yang bersih.
  • Mangkuk.

 

METODE

  1. Isi air dalam kukusan dengan air matang yang bersih dan banyak, panaskan kukusan.
  2. Susun mangkuk, lalu beri saringan atasnya, dan lapisi dengan kain tipis bulat pas dengan ukuran saringan. Usahankan menggunakan saringan yang masuk ke dalam mangkuk, jadi lebih stabil.
  3. Potong kecil-kecil tulang-tulang ayam, geprek bagian-bagian yang besar lalu taruh di atas saringan yang sudah dilapis kain tipis.
  4. Setelah kukusan panas dan beruap, masukkan set mangkok-saringan-kain-ayam dalam kukusan. Kukus dengan api kecil selama 2 jam.
  5. Setelah matang akan menghasilkan semangkuk saripati ayam. Bisa dibungkus kecil-kecil, atau simpan dalam botol kaca yg sudah steril, lalu berikan satu sendok makan setiap hari pada Anak Mama :)

 

 

Simpan dalam lemari es! Gunakan tidak lebih dari 1 bulan.

Trimikisi mama Syarmi Amanda yang sudah berbagi resep sehat dan kecenya yaaa!

 

Selamat Mencoba!

comments powered by Disqus