Home >> Resep 12 Bulan >> Nugget Bayam Apel
Nugget Bayam Apel
Mama Mindy kembali! Awalnya karena anak wedoknya ga suka bayam, jadi malah pengen buatin sesuatu yang justru ada bayamnya. *tiger mom mode on*
Mama Mindy Jordan /
Tue Sep 2015, 01:09
Nugget Bayam Apel Mama Mindy

Karena Medea penyuka chicken nugget, terciptalah resep ini. Apel juga buah yang selalu ada di rumah, jadi bisa dipakai juga. 

Tips dari Mama Mindy Jordan: Supaya crunchy, pelapisnya pakai corn flakes yang dihancurkan kasar. Resep ini sangat berguna jika dibuat sekaligus banyak, jadi bisa dibekukan. Kalau mau makan, tinggal panggang. Praktis juga untuk sangu/bekal ke TK/Sekolah. Anak balita juga bisa diajak membuat chicken nugget, sekalian melatih motorik skill-nya. Seru yah!

Nugget Bayam Apel Mama Mindy

www.mamakukokihandal.com
Bahan:
1 buah apel - cuci, kupas kulitnya, parut halus, peras airnya jadi jus.
Segenggam daun bayam - cuci, tiriskan
250 gr daging ayam fillet tanpa tulang dan lemak/kulit, potong kotak.
Garam*, merica* dan herbs (basil, oregano)
Jus apel dari perasan apel di atas.
Corn flakes secukupnya - hancurkan kasar, letakkan di wadah bersih.

Cara:
Campurkan semua bahan, kecuali remahan corn flakes dan jus apel, di blender/food processor.

Tuang jus apel sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan sampai blender/food processornya cukup untuk berputar.

Jika dirasa sudah cukup teksturnya, berarti siap dicetak. Tekstur yang diinginkan adalah seperti adonan perkedel kentang. Jadi nggak terlalu basah dan masih bisa dibentuk.

Ambil adonan chicken nugget dengan sendok, gulingkan di remahan corn flakes. Kalau mau, adonan chicken nugget bisa juga dikukus dahulu sebelum dicetak dengan cookie cutter dan dilapisi corn flakes (perlu bantuan putih telur supaya nantinya remahan corn flakes bisa menempel)

Panggang di oven dengan suhu 180 dercel hingga matang dan coklat keemasan. Sajikan!

(*)Note:

Resep bisa dibuat untuk anak mulai 10 bulan dengan catatan, bagi anak dibawah 12+, garam dan merica dihilangkan penggunaannya.

Bisa juga digoreng jika tidak punya oven. :)

Psstt... Ngomong-ngomong, Mama Mindy Jordan bersama beberapa teman travelernya berapa waktu lalu menerbitkan buku "Menghirup Dunia" yang berisi kumpulan kisah-kisah perjalanan seru untuk inspirasi Mama Kece yang suka travelling. Buku ini sudah hadir di toko buku, lho!

Go grab it!

comments powered by Disqus