Home >> Info >> Asupan Air Putih Untuk Bayi
Asupan Air Putih Untuk Bayi
Kemarin-kemarin di Milis MPASI Rumahan banyak Mama yg tanya soal pemberian air putih pada bayi (di bawah 1th) dan sudah mulai MPASI, setelah ngobrol dengan DSA andalan saya @drtiwi, dapet info yang lumayan sahih nih. Yuk dibaca…
MakMod Nandra /
Fri Jun 2014, 01:06
aku suka air putih!

Jadi rumus pemberian air putih untuk anak sudah mulai mpasi = 30 x berat badan bayi.

Untuk anak yang minum ASI, bisa ½ dari jumlah seharusnya, misal, anak saya usia 6,5 bulan beratnya 7,5 kg, jadi porsi minum air putihnya, 30 x 7,5 = ± 210ml per hari, dan karena dia masih ASI ( di ASI hampir 80% mengandung air — menurut sumber yang saya baca) takaran minum air putihnya boleh ½ dari 210ml atau ± 105ml.

Tapi untuk anak yang minum sufor, takaran air putihnya sebisa mungkin sesuai dengan hasil perkalian tadi, karena air putih diperlukan untuk mengeluarkan kelebihan konsentrasi mineral yang ada pada sufor, sehingga air bisa membantu mengekresikan kelebihan mineral pada ginjal.

Pengenalan air putih penting pada bayi yang sudah MPASI/mulai belajar makan makanan padat  ya Ma, supaya kedepannya nggak ada cerita anak sembelit, anak nggak suka air putih, padahal air putih itu penting. Oh iya, pemberiannya juga lebih baik dengan menggunakan gelas bercerat atau spout/sippy cup. Selain supaya anak belajar menggenggam, mereka juga jadi lebih mudah nantinya minum dengan gelas & menyapihnya dari botol (jika minum susu dengan media botol)

Kadang ada anak yang susah kalau diberi air putih, bisa jadi karena anak tidak terbiasa dengan rasanya yang tawar. Mama bisa siasati dengan mencampurnya dengan sari buah (buatan sendiri ya, jangan yang beli di toko). Mula-mula Air putih dan sari buah perbandingannya 1:1, 2:1, sampai akhirnya full air putih saja.

Tentunya nggak akan sekali mau ya si anak, Mama juga wajib sabar mengajarinya :)

Semoga bermanfaat ya, sharenya.

comments powered by Disqus