Home >> Faq >> Kapan Produk Olahan Susu Bisa Dikenalkan?
Kapan Produk Olahan Susu Bisa Dikenalkan?
Produk olahan susu serta turunannya seperti keju, yogurt, butter/mentega boleh dikenalkan kapan ya untuk MPASI Rumahan/makanan bayi?
Mama Koki Handal /
Fri Nov 2014, 01:11

Produk olahan susu (sapi) yang umumnya ingin dikenalkan pada masa MPASI alias masa belajar makan untuk bayi adalah KEJU dan YOGURT serta BUTTER atau mentega.

Berbeda dengan produk susu utuh (wholemilk, susu segar, susu UHT, susu pasteurisasi) yang sebaiknya dikenalkan saat anak berusia 1 tahun ke atas, produk olahan susu dairy product seperti yogurt  dan butter/mentega bisa dikenalkan saat bayi menginjak usia 8 Bulan dimana saluran pencernaannya sudah lebih kuat dan terlatih. Kalau keju, tergantung ibu-nya. Karena ada sedikit kandungan garam yang memang diperlukan dalam proses pembuatan terutama keju keras (cheddar,swiss,parmesan,mozzarella).

Kalau keju lembek seperti cottage cheese, ricotta *nggak terlalu menyarankan, karena rasanya nggak enak.. agak pahit*, juga boleh dikenalkan pada bayi usia mulai 8 Bulan.

Untuk yogurt, pastikan pilihan kepada jenis yogurt yang bahannya hanya susu sapi murni dan kultur tanpa tambahan gula dan bahan pengental lainnya. Apalagi yogurt komersial dengan "isi" dan "rasa" buah. Kebanyakan memakai perisa, dan gula. Lebih baik membeli yogurt plain/tanpa rasa dan mencampurnya dengan bermacam buah di rumah daripada membeli yogurt kemasan yang berperisa. Pastikan juga bahan utamanya adalah hanya susu dan kultur yogurt (umumnya S. thermophilus dan L. bulgaricus)

Dan jangan kecewa kalau ternyata si kecil nggak suka dengan yogurt.'Kan yogurt bukan makanan utama kok, Ma. Hanya variasi baik untuk mendapat asupan kalsium.

Selain itu, ada juga produk olahan susu yang tidak boleh dikenalkan pada bayi dan balita :

Blue Cheese:Karena dalam proses pembuatannya, bluecheese memang memakai jenis ragi/jamur tertentu (penicilium) untuk meningkatkan cita rasa yang tidak disarankan untuk diberikan pada bayi yang saluran cernanya masih lembut. Takutnya di pencernaan si kecil yang masih halus malah bikin keracunan.

Kefir:Kefir adalah produk fermentasi susu seperti halnya yogurt, hanya saja beda jenis kulturnya. Dan dalam proses fermentasinya akan ada sedikit alkohol yang terbentuk... Ntar anaknya malah mabok.. *LOL*

Namun dari semua penjelasan sebelumnya, perlu diperhatikan satu hal penting untuk mencoba memberikan produk turunan/olahan susu bagi anak manis: Bayi Anda tidak alergi protein susu sapi!

Bayi yang terbukti memiliki alergi terhadap protein susu sapi akan lebih sulit menerima produk olahan susu. Karena biarpun telah diolah, namun trace dari protein susu sapi tidak akan hilang.
Beda halnya dengan intoleransi terhadap laktosa/gula susu (lactose intolerance). Umumnya, anak yang memiliki intoleransi laktosa masih bisa mengkonsumsi keju dan yogurt.

silakan klik link-link bermanfaat ini untuk browsing lebih lanjut tentang produk olahan susu, intoleransi laktosa, dan alergi protein susu sapi.

http://en.wikipedia.org/wiki/Blue_cheese

http://mayoclinic.com/health/lactose-intolerance/DS00530

http://yogheart.wordpress.com/about/

Jangan lupa untuk membeli dan membaca tuntas buku "MPASI Perdana Cihuy" dari komunitas ini, di sana banyak terdapat info dan pedoman praktis dengan bahasa yang mudah dimengerti untuk memulai acara makan-makan pada bayi ini. Termasuk ada tabel AKG (angka kecukupan gizi), URT (ukuran rumah tangga, lengkap dengan hitungan kalori bahan makanan), contoh skema/jadwal pemberian MPASI, serta 20 resep kece yang mudah dipraktikan :)

Image Hosted by ImageShack.us
Tersedia di toko buku Gramedia dan toko buku online :)


Salam Cihuy!

comments powered by Disqus