Home >> Faq >> Kok Bayiku Sembelit ?
Kok Bayiku Sembelit ?
Sembelit alias konstipasi adalah hal yang sangat mungkin terjadi di awal pemberian MPASI/makanan padat.
d e p e z a h r i a l /
Mon May 2014, 01:05
Buku MPASI Perdana Cihuy!

Sembelit alias konstipasi adalah hal yang sangat mungkin terjadi di awal pemberian MPASI/makanan padat.

Menurut buku The Baby Book, ada 2 jenis makanan yang cenderung membuat sembelit :Pisang dan Serealia. Tapi tunggu dulu........

Karena ini adalah tulisan berdasarkan pengalaman saya menjalani MPASI serta pantauan postingan member di milis mpasirumahan, maka saya menemukan bahwa kedua hal tersebut bersifat relatif.

Saya memperkenalkan anak saya pada makanan padat berupa bubur tepung beras merah + ASI yang teksturnya encerrrr dan sekali makan 'hanya' 50 ml, frekuensi 1-2 kali sehari. Alhamdulillah tidak terjadi sembelit. Mungkin, karena pelarut si bubur tadi adalah ASI yang terkenal sebagai pelancar pencernaan terbaik untuk bayi (^_^).

Soal pisang yang bikin sembelit, ada betulnya juga. Tapi ternyata itu tergantung pemilihan pisang-nya. Ada 2 tips kuno dari Ibu tercinta saya :

    1.    Bahwa dalam memberikan pisang pada bayi harus dipilih jenis pisang ambon yang sudah betul-betul matang (dalu). Ciri-cirinya : kulit pisang sudah keluar bercak-bercak coklat dan daginnya lembut.

    2.    Kerok pisang dan berhenti tepat di daerah dekat biji/tengah pisang. Konon, bagian tengah inilah yang menyebabkan sembelit. Bagian tengahnya.. buat ibunya saja.. hehehheeh (*_*)


Nah, bagaimana kalau sudah terlanjur sembelit? Menurut buku dan hasil post di milis ada 4 cara untuk mengatasi sembelit di awal makan makanan padat pendamping ASI/sufor:

    1.    Hentikan pemberian makanan yang dicurigai sebagai sumber sembelit, berikan lebih banyak ASI. Karena ASI merupakan pelancar pencernaan yang terrrrrr BAIK.

    2.    Berikan lebih banyak air putih. Air putih bukanlah sesuatu yang dilarang bagi bayi ASI diatas 6 bulan dimana makanan padat mulai diperkenalkan.

    3.    Pijat I-Love-U pada perut bayi plus berikan gerakan mengayuh sepeda.

    4.    Buah pepaya, peach (segar, bukan kalengan) dan jus prune kering (dried prune) diyakini sebagai pelancar buang air besar.


Apabila semua cara atelah dilakukan namun bayi tetap sembelit dan kesakitan, Waktunya untuk berkonsultasi pada dokter anak. Biasanya akan diberikan obat pencahar/laksatif yang dimasukkan lewat dubur bayi.

Beberapa link bermanfaat tentang konstipasi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Konstipasi/
http://www.wholesomebabyfood.com/constip.htm
http://www.netdoctor.co.uk/health_advice/facts/babyconstipation.htm
http://www.homemade-baby-food-recipes.com/baby-constipation.html


Jangan lupa untuk membeli dan membaca tuntas buku "MPASI Perdana Cihuy" dari komunitas ini, di sana banyak terdapat info dan pedoman praktis dengan bahasa yang mudah dimengerti untuk memulai acara makan-makan pada bayi ini. Termasuk ada tabel AKG (angka kecukupan gizi), URT (ukuran rumah tangga, lengkap dengan hitungan kalori bahan makanan), contoh skema/jadwal pemberian MPASI, serta 20 resep kece yang mudah dipraktikan :)

comments powered by Disqus