Home >> 80 >> Cara Membuat Pancake Art!
Cara Membuat Pancake Art!
Why ordinary pancake when you can make the extraordinary one?
MakMod Depe Zahrial /
Sun Apr 2015, 02:04
Ayo belajar bikin pancake art!

Beberapa waktu lalu saya sedang tergila-gila pada pancake, dan pancake art. Biasanya di rumah saya senang membuat pancake dari tepung wholemeal untuk variasi sarapan keluarga. Kadang juga pakai tepung terigu biasa. Gara-gara sering lihat instagramnya mba Anne Widya dan juga Kevin Blankenship, saya jadi pengen nyoba untuk bikin pancake art.

Sebenarnya untuk bahan dasar pancake, semua orang pasti bisa bikin. Tinggal art skill dan penguasaan terhadap wajan aja yang pelu dilatih. Pertama saya bikin bentuknya cuman begini :D

Trus latihan lagi, dan nyoba bikin untuk dipost di sosmednya MKH :D Jadi deh yang ini

Jangan salah, dibalik hasil foto yang yaaaa lumayan lah ya ini,

terdapat banyak kegagalan! HAHHAHAHA! Ini adonan yang gagal :D

Tapi bikin pancake art ini semacam pelipur lara dan penghilang stress buat saya. Jadi ya lumayan menghibur lah, paling enggak anak kecil di rumah ber-wow-wow liat pancakenya nggak melulu bulet :D

Seperti yang saya bilang, perlu penguasaan terhadap panas wajan dan juga ART skill. Kayaknya kalo penguasaan wajan, saya sih udah lumayan bisa apalagi kalo pake 2 warna adonan (kalo pake yang satu warna adonan dan mainin panas wajan soh kayaknya masih jauh api dari panggang deh :D). ART SKILL-nya ini yang pe-er, cyiiinnn hahahahahaaak. Maunya bikin kelinci lari tampak belakang malah jadi kayak anak anjing lari tampak belakang. *ngakak*

Anyways, saya akan berbagi mengenai adonan yang biasa saya buat untuk bikin pancake art ini. Ada 2 resep andalan saya. Satu pakai baking soda & baking powder di adonan, satunya lagi nggak pake bahan tambahan pengembang tapi emang tricky bikin adonannya, dan satu lagi yg paling ribet adalah yang pake madre alias biang roti. Mending nggak saya tulisin disini untuk yang pake madre. Soalnya takut pada setres nyari madre di mana :D. So have it your way!

PANCAKE YOGURT

www..mamakukokihandal.com

Bahan:

120 gr terigu Segitiga Biru (atau tepung wholemeal)

10 gr gula palem (kalau mau manis boleh ditambah)

1 1⁄2 sdt baking powder

1⁄2 sdt baking soda

2 telur sedang (jangan yang terlalu besar)

100 ml yogurt plain

100 ml air matang

2 sdt coklat bubuk

mentega untuk memasak pancake

Cara membuat:

1. Campur semua bahan kering, lalu tambahkan telur dan masukkan campuran yogurt+air pelan-pelan.

2. Aduk pelan-pelan menggunakan whisk sampai adonan halus dan tidak menggumpal, soalnya kalo menggumpal nanti pas nuang pakai botol ber-spoutnya akan nggak lancar. Diamkan adonan + 1 menit.

3. Pisahkan 2/3 adonan dan masukkan ke dalam wadah yang ada spout (seperti wadah kecap di tukang bakso itu lah :D), 1/3nya beri coklat bubuk, aduk rata jangan sampai ada yang menggumpal lalu masukkan dalam wadah berspout yang lain.

4. Panaskan wajan anti lengket (saya pakai wajan ICook Lock&Lock), oles mentega sedikt, ratakan dengan tissue dapur. Kecilkan api, Gambar outline dengan adonan coklat, tunggu sampai meletup dan agak matang, lalu masukkan adonan putihnya :D Banyak latihan yaaakkkkk....

5. Setelah itu, tunggu sampai pancake bergelembung, lalu dengan hati-hati balik pancake, masak sisi sebaliknya sampai matang.

 

ADONAN PANCAKE "ADVANCE" (baca: agak rumit :D)

www.mamakukokihandal.com

BAHAN:

225 gr Tepung terigu segitiga biru/ wholemeal flour  

2 kuning telur

3 putih telur (suhu ruang). Pastikan nggak ada kuning telur SEDIKITPUN yang nempel di putih telur yah.

55 gr gula aren bubuk/gula semut (boleh diganti dnegan gula pasir biasa/palmsuiker)

230 ml susu kedelai/susu almond (atau pakai susu sapi biasa juga boleee...)

2 sdt coklat bubuk

margarin cair untuk memasak pancake.

CARA MEMBUAT:

1. Campur tepung, kuning telur, gula aren, dan susu di dalam mangkok. Aduk sampai rata.

2. Di mangkok lain, kocok putih telur sampai kaku (meringue). Pastikan wadah buat ngocok putih telur ini bersih, kering dan nggaka da lemak sama sekali. Bisa gagal! Hati-hati jangan over-beat alias kelamaan mengocoknya, nanti si putih telur malah akan misah/mencair lagi.

3. Kalau udah cakep kakunya si putih telur (putih telur terkocok kaku yang ber'jambul'), ambil dengan spatula sedikit demi sedikit, masukan dalam mangkok adonan, dan aduk-lipat* pelan-pelan.

4. Pisahkan 2/3 adonan dan masukkan ke dalam wadah yang ada spout (seperti wadah kecap di tukang bakso itu lah :D), 1/3nya beri coklat bubuk yang diayak pelan-pelan, aduk rata jangan sampai ada yang menggumpal lalu masukkan dalam wadah berspout yang lain.

5. Panaskan wajan anti lengket (saya pakai wajan ICook Lock&Lock), oles mentega sedikt, ratakan dengan tissue dapur. Kecilkan api, Gambar outline dengan adonan coklat, tunggu sampai meletup dan agak matang, lalu masukkan adonan putihnya :D Banyak latihan yaaakkkkk....

6. Setelah itu, tunggu sampai pancake bergelembung, lalu dengan hati-hati balik pancake, masak sisi sebaliknya sampai matang.

*Catatan: Aduk-lipat adalah teknik masak untuk menggabungkan bahan ringan dengan campuran yang jauh lebih berat sambil tetap mempertahankan udara sebanyak mungkin.  Caranya: Tambahkan campuran bahan ringan (misal untuk resep di atas: kocokan putih telur/meringue) untuk campuran lebih berat .  Dengan pelan-pelan dan berhati-hati, lakukan gerakan seperti memotong melalui campuran dengan tepi sendok/spatula , buatlah gerakan seperti bikin angka delapan pelan-pelan dari pinggir mangkok. Tambahkan bahan ringan sampai habis dan adonan rata. Kalo bingung, coba cek aja video di YouTube dengan kata kunci "Folding technique on cake"

Selamat bikin yaaaaa!

 

comments powered by Disqus