Home >> 79 >> Resep Sop Ayam Polkadot
Resep Sop Ayam Polkadot
Sop bola-bola ayam dengan jamur kuping dan soun yang gurih dan lembut untuk bayi mulai 9 bulan+
depezahrial /
Wed Feb 2018, 04:02
sop ayam polkadot ala mamah

"Dari Restoran ke Meja Makan Rumah" #restoranversirumahanMKH Ceritain yuk! .

Resep masakan ini Mamah kasih nama "Sop Bola Ayam Polkadot".

Jadi ceritanya, duluuuuuu itu waktu masih muda (iyaaa sekarang udah tuaaaaaaa) Mamah suka banget makan sajian sop yang ada di resto Pesta Keboen, Semarang. Menurut Mamah, sopnya lucu, daging ayam bulet kecil-kecil gurih, ada jamur kuping dan soun bikin bola ayam kayak berbintik-bintik. Kuahnya pun enak gitu kaldunya. Tapi masa sih Mamah kudu ke dapur mereka trus nanyak resep ???? enggak lah.

Lalu sampe rumah, masih penasaran banget, lalu mikir (nebak-nebak) apaaaa ya bahannya, diapain ya, sampe akhirnya memberanikan diri beli bahan-bahan dan masak terutama dulu sih buat versi #mpasirumahan buat anak bayi. Eh lha kok jadi dan kece juga. Bahagiaaaa dong bisa bikin serupa ama yang biasa dimakan di resto (atau sebenernya makanan resto terinspirasi makanan rumah?)

Ini resepnya ya, Mama Kece. 

SUP AYAM POLKADOT ala MAMAH

www.mamakukokihandal.com

Usia : 9 bulan +

Untuk : 4 porsi bayi-anak

Bahan: 250 gr fillet dada ayam, digiling/dicacah halus

2 gr jamur kuping kering, rendam dengan air dingin sampai mekar dan empuk, cacah halus

2 sdm soun basah (cincang ukuran 5 mm)

1 siung bawang putih besar (haluskan bersama garam dan merica sedikit, untuk anak di atas 1 tahun )

1 sdt tepung sagu

Kuah sup:

100 gr lobak putih potong kotak kecil-kecil, cuci bersih, siram air panas, sisihkan.

600 ml air matang

1 siung bawang putih keprek lalu cacah halus

1 sdm minyak wijen

1 sdt minyak sayur

Garam, gula dan merica sesuai selera (untuk anak usia di atas 1 tahun)

Cara membuat:

1. Panaskan air matang.

2. Panaskan wajan kecil.Tumis bawang putih dalam campuran minyak wijen dan minyak sayur, bila sudah wangi masukan ke air yang sudah dipanaskan.

3. Campur semua bahan bola ayam, ambil sedikit, bentuk bola kecil lalu masukkan ke kuah sup yang mendidih. Lakukan sampai habis, adonan menghasilkan ± 20 bola.

4. Masukkan lobaknya dan tunggu sampai semua matang.

5. Sajikan dengan nasi tim.

Eeeeniweeeeiii, ayo berbagi di komen. Sapatau ada juga Mama Kece yang punya masakan rumahan andalan yg terinspirasi menu restoran! .

#RESTORANVERSIRUMAHANMKH #IGMKH #mamakukokihandal #mamakokihandal #mpasirumahan

comments powered by Disqus