Home >> 78 >> Cheese Straws (Kukis Keju Untuk Bayi)
Cheese Straws (Kukis Keju Untuk Bayi)
d e p e z a h r i a l /
Fri Sep 2012, 11:09

Resep ini aslinya di dapat dari buku "Cooking For Your Baby" karya Sara Lewis dengan sedikit yaa.. biasaa.. modifikasi :p.

Rasanya mirip sama kaastengels, cuman ini lebih firm/padet, dan gurihhh! Kukis ini untuk bayi mulai umur 8 Bulan yah.

Note: Perlu oven dan usaha ekstra buat ngulenin adonan. hehhehe.. selamat mencoba!

 

BAHAN:

 

  • 175 gr tepung terigu (aku pake kunci biru, segitiga biru juga bisa tapi kalo ada kunci biru lebih baik pakai kunci biru aja)
  • 75 gr unsalted butter beku, potong kotak kecil-kecil.
  • 115 gr keju parut (cheddar, aku pas ada edam.. jadi aku kasi 80gr aja)
  • 1 telur dikocok (atau kalau belum bisa makan putih telur karena belum 9 bulan, bisa pakai 2 kuning telur) 1 kuning telur dikocok (+ 3 sdm susu cair untuk olesan kalau bayinya sudah boleh pakai susu utuh. Kalau belum boleh, skip saja)

 

 

 

CARA MEMBUAT:

 

1. Siapkan semua bahan. di resep ini saya nambahin nori kering, katsuobushi dan wijen.. biasaa.. iseeeng. Bahan ini bisa ditambah untuk anak yang lebih besar yah (setahunan lebih)

 

Image Hosted by ImageShack.us

 

2. ayak tepung ke dalam mangkok, masukkan mentega dan remas-remas hingga terbentuk semacam "tepung roti". Grendel-grendel gitu.

 

Image Hosted by ImageShack.us

3. masukkan keju dan telur, uleni. Kalau tampak kurang menyatu, tambahkan air sedikit sedikit.

Image Hosted by ImageShack.us

4. setelah adonan kalis dan tidak menempel lagi di tangan maupun wadah, ambil separuh adonan dan gilas setebal ½ - 1 cm (selera aja). Menggilasnya di atas permukaan yang sudah ditabur tepung ya. Dan supaya mulus, bisa menggilas sampai 3 kali supaya mulus. (cape ya .... namanya juga buat anak :p)

5. Panaskan Oven kurang lebih 180 derajat Celcius.

6. Potong-potong memanjang (karena kan judulnya "straws") atau cetak sesuka hati aja, oles dengan kuning telur & susu. Susun di loyang yang sudah diberi cookie sheet (kalo ga ada cookie sheet, oles aja loyang pake mentega dan taburi sedikit tepung... jangan kebanyakan ya.. tar gosooong)

7. Masukkan ke dalam oven, dan panggang sampai matang (saya lupa nyatet waktunya.. tapi sepertinya sekitar 20-30 menit).

Sumber: Repost dari web personal Depe Zahrial

comments powered by Disqus