Home >> 77 >> Ayam Pek Cam Ke Serbaguna
Ayam Pek Cam Ke Serbaguna
Resep ini telah menjadi menu wajib keluarga saya, apalagi pada saat hari raya Imlek. Gampang dibuat, cepat, enak, sehat dan multiguna!
Mama Karina Turalakey /
Mon Mar 2015, 04:03
Ayam Pek Cam Ke Mama Karina

Resep ayam Pek Cam Ke dari Mama Karina Turalakey adalah warisan Mamanya. Terbukti kan, masakan Mama memang tidak ada duanya :D

Resep Ayam Pek Cam Ke ini enak dan mudah sekali membuatnya. Bahkan bisa digunakan untuk membuat masakan sekeluarga termasuk untuk MPASI Rumahan alias makanan si bayi kecil mulai dari 6 bulan dengan sedikit twist. Yuk simak dan buat resepnya!

Bahan-bahan utama:

1 ekor ayam organik Natural Poultry (boleh ayam kampung atau ayam negeri probiotik)

Serumpun bawang putih, kupas.

5 sdm minyak wijen

3 sdm kecap asin*

Garam dan merica secukupnya*

Bahan lainnya untuk merebus:

1,5L air

3 siung bawang merah

2 siung bawang putih

Seruas jahe, memarkan

Bahan tambahan: Daun ketumbar/daun bawang Cabe rawit, diiris Bawang putih, cacah Kecap asin

Cara:

1. Didihkan air dalam panci bertutup, masukan ayam yang sudah dipotong 4 (atau utuh lebih nikmat) dan bumbu rebusannya selama 10-15 menit lalu matikan api dan diamkan ayam tetap dalam panci tertutup selama 10-15 menit lagi.

2. Sambil menunggu, cincang kasar dan goreng bawang putih dengan minyak wijen hingga harum matang, kuning kecoklatan, angkat, tiriskan lalu sisihkan.

3. Campurkan minyak wijen bekas goreng bawang putih dengan kecap asin, garam dan merica. (Apabila ingin membuatkan untuk MPASI Rumahan/makanan bayi dibawah umur 1 tahun, sisakan sedikit minyak tanpa dibumbui garam dan merica- red)

4. Keluarkan ayam dari panci, balurkan dengan campuran minyak wijen berbumbu tadi secara merata. (Untuk MPASI Rumahan/makanan bayi dibawah umur 1 tahun, balur sepotong ayam (misal bagian dada) dengan minyak yang tidak dibumbui garam dan merica - red)

5. Taburi bawang putihnya dan daun ketumbar/daun bawang (bila memakai) sebelum disajikan.

6. Ambil sedikit air rebusan untuk kuah taburi daun bawang.

Untuk keluarga, bisa ditambahkan saus cocolan: Siapkan kecap asin, cabe rawit dan bawang putih cacah sebagai cocolannya.

Nah, ini dia multigunanya. Manfaatkan air bekas rebusan ayam, untuk membuat nasi hainam/bubur ayam/sop untuk keluarga dan juga MPASI Rumahan anak manis :D

Selamat mencoba!

Mama Karina menggunakan ayam organik untuk mendapatkan hasil masakan yang lebih sehat dan rasa yang clean. Mamah sudah membuktikannya, memang beda sih rasanya kalau pakai ayam organik Natural Poultry. Namun, bila Mama Kece kesulitan mendapatkan ayam organik, bisa juga menggunakan ayam biasa, kok :) - red

comments powered by Disqus