Home >> 77 >> Mini Pancake Gluten Free
Mini Pancake Gluten Free
Selain bebas gluten, juga bebas susu hewan dan baking powder.
MakMod DepeZahrial /
Thu Nov 2014, 04:11
Mini Pancake Gluten Free

Hai Mama Kece!

Kali ini saya akan berbagi cara membuat pancake dari tepung gluten free untuk anak 1 tahun+ dan tidak menambahkan baking powder pada adonannya karena ada beberapa Mama yang tidak ingin memberikan bahan tambahan pangan baking powder untuk anaknya. Lalu gimana dong caranya biar pancakenya tetep mengembang alias fluffy?

Kuncinya ada di teknik mengocok putih telurnya. Untuk pancake yang menghindari baking powder sebagai pengembang, caranya kuning dan putih telur dipisah. Kuning telur masuk ke adonan, sedangkan putih telurnya dikocok sampai kaku dan kalau mixernya diangkat ada jambulnya :D

Trus tandanya lagi adalah, kocokan putih telur itu nggak akan jatuh walaupun dibalik mangkok pengocoknya. Tandanya putih telurmu siap diaduk ke dalam adonan.

Tips: Mangkok untuk mengocok putih telur sebaiknya mangkuk yang kering, bersih, bebas dari lemak/minyak dan jangan sampai ada kuning telurnya walau setitik pun. Serius. Nanti putih telurnya nggak bakal ngembang walau mama kocok sampai lebaran kucing!

Gimana? sudah jelas belom pre-experiment-directionnya? Oke dongs! Oiya, resep ini bisa juga menggunakan tepung terigu biasa, yah. Feel free to try!

Mini Pancake Gluten Free

BAHAN:

225 gr Tepung mocaf (Ladang Lima/Mocaf TPS)

2 kuning telur

3 putih telur (suhu ruang)

55 gr gula aren bubuk/gula semut (boleh diganti dnegan gula pasir biasa/palmsuiker)

230 ml susu kedelai/susu almond (atau pakai susu sapi biasa juga boleee...)

margarin cair untuk memasak pancake.

CARA MEMBUAT:

1. Campur tepung, kuning telur, gula aren, dan susu di dalam mangkok. Aduk sampai rata.

2. Di mangkok lain, kocok putih telur sampai kaku (meringue). Cek penjelasannya di atas ya. Hati-hati jangan over-beat alias kelamaan mengocoknya, nanti si putih telur malah akan misah/mencair lagi.

3. Kalau udah cakep kakunya si putih telur, ambil dengan spatula sedikit demi sedikit. Lalu masukan dalam mangkok adonan, dan aduk-lipat* pelan-pelan. 

4. Panaskan wajan, oleskan margarin cair. Ambil 2 sendok makan adonan lalu masak seperti bikin pancake biasanya :)

5. Sajikan dengan aneka buah segar atau topping kesukaan anak manis :D

*Catatan:

Aduk-lipat adalah teknik masak untuk menggabungkan bahan ringan dengan campuran yang jauh lebih berat sambil tetap mempertahankan udara sebanyak mungkin.

-Tambahkan campuran bahan ringan (misal untuk resep di atas: kocokan putih telur/meringue) untuk campuran lebih berat .

- Dengan pelan-pelan dan berhati-hati, lakukan gerakan seperti memotong melalui campuran dengan tepi sendok/spatula , buatlah gerakan seperti bikin angka delapan pelan-pelan dari pinggir mangkok. Tambahkan bahan ringan sampai habis dan adonan rata. Susah ya penjelasannya? Coba deh mama cek di video ini.

Good Luck!

comments powered by Disqus