Home >> 77 >> Sup Iga Kacang Merah dan Labu Slow Cooker
Sup Iga Kacang Merah dan Labu Slow Cooker
Punya slowcooker nganggur karena anak manis sudah nggak makan MPASI Rumahan yang lembut? Masih bisa terpakai banget, lho! Salah satunya untuk membuat resep ini!
MakMod Yudith /
Sat Oct 2014, 01:10
Sup Iga Kacang Merah dan Labu

Sup ini enyak buat dimakan keluarga, dari balita sampai nenek-nenek XD Yang pasti sih gak perlu capek pake merendam si kacang merah, tinggal cemplung cemplung! Itulah hebatnya slow cooker, semua jadi lembyuuuuut! Mulai dari daging iganya yang tulangnya langsung lepas, ditambah kacang merah yang gurih serta labu kuning yang manis. Lembut dan meresap ke kuah sup yang yummeeeeh!

Resep ini dimasak dengan slowcooker Takahi ukuran 1.2 liter. Kalau punya lebih besar, tinggal buat double resepnya atau separuh saja kalau slowcookermu berukuran kecil :)

Sup Iga Kacang Merah dan Labu

Untuk 2-3 porsi

Bahan:

300 gram iga sapi*, pilih yang banyak dagingnya (minta dipotongin sama yang jual yak)

300 ml air panas

2 sdm bombai cincang

140 gram labu kuning (yang sudah dibuang kulitnya), potong kotak

50 gram (3 sdm) kacang merah segar

1/4 sendok teh pala bubuk

3/4 sendok teh garam

1/2 sendok teh gula pasir

1 sdm pasta tomat**

1 batang daun bawang, iris

seledri iris secukupnya

sedikit minyak untuk menumis

Bumbu- bumbu, haluskan:

5 siung bawang merah (ambil siung yang besar)

3 siung bawang putih

1 sendok teh merica bulat

Cara membuat:

1. Sambil menyiapkan bahan-bahan, panaskan slow cooker pada set HIGH. Saat sudah panas, masukkan minyak goreng, bawang bombai dan bumbu halus. Tumis sebentar hingga harum. Tuang air panas ke dalam mangkuk slow cooker.

2. Masukkan iga sapi, kacang merah, labu kuning, garam, gula dan pala bubuk. Tutup, putar tombol pada set HIGH, masak selama 3 jam.

3. Setelah daging empuk, tambahkan daun bawang, seledri dan pasta tomat.

4. Tutup dan teruskan memasak pada set HIGH selama 20 menit hingga semua bahan matang sempurna, boleh sesekali diaduk. Matikan slow cooker. Sajikan.

CATATAN:

* Apabila menghindari lemak, bisa diganti dengan daging sapi bagian lain yang tidak berlemak dan tidak mudah hancur. (gandik, chuck, has)

** Pasta Tomat/ Tomato Paste: bisa di-skip/tidak digunakan atau diganti puree tomat (tomat direbus, buang kulitnya, lalu diblender).

Selamat masaaakkkkk, Mama Kece!

comments powered by Disqus