Home >> 77 >> Krengsengan A'la Eyang Uti
Krengsengan A'la Eyang Uti
Kalau pas Idul Adha, Ibu saya hampir selalu membuat krengsengan ala beliau yang bumbunya super simpel tapi aslik enak bingits! Simak tipsnya supaya masakan ini bisa dinikmati juga sebagai MPASI Rumahan anak manis :)
MakMod DepeZahrial /
Sat Oct 2014, 15:10
Krengsengan A'la Eyang Uti

Dalam rangka menyambut Idul Adha yang bergelimang daging besok, saya akan share sebuah resep andalan keluarga dari Ibu saya. Ibu saya dapet resep ini dari Eyang Uti alias Ibunya Ibu *mulai pusing* :D

Intinya ini resep udah turun temurun, deh. Dulunya sih dimasaknya lama banget pake kompor. Alhamdulillah yah sekarang udah ada panci presto. Jadi kita bisa 'cut' waktu masak banyak banget! Masakan ini juga jadi cepet bener masaknya.

Resep di bawah ini untuk 1 tahun keatas, tapi, kalo misalnya pengen bikin juga buat MPASI anak manis di bawah setahun, boleh banget. Tinggal lewatin aja bumbu seperti garam dan lada. Nanti lada-nya bisa ditambahi kemudian.

Untuk 5-6 Porsi

BAHAN:

700 gr daging (paling enak kalo dapetnya sandung lamur) potong kotak, jangan kegedean, jangan kekecilan.. (ini daging yang lemaknya nggak melarut, maknyus.. Tanya sama tukang daging yaw. Kalo buat makanan bayi, lebih baik pilih daging sengkel. Jangan tenderloin, terlalu lembut untuk dipresto)

1.5 sdt garam (atau sesuai selera)

0.5 sdt merica bulat, haluskan

1 biji pala, digepuk-gepuk dan ulek kasar (keluarga kami senang harum pala, jadi biasanya kami lebihin)

500 ml air panas untuk di dalam panci presto (saya pakai presto ukuran 4L)

Air matang untuk blansir daging

1 sdm mentega/margarin/minyak samin

CARA MASAK :

1. Blansir daging. Ini buat ngilangin bau apek lemak.

Caranya, panaskan air dalam panci sampai mendidih. Masukkan potongan daging, masak 3-4 menit. Matikan api, tiriskan. Buang airnya.

2. Taruh daging blansiran ke dalam mangkuk presto (ayang ada cantolannya itu, lho, Ma), tambahkan bumbu (garam-pala-merica) diamkan 1 jam.

Tips: Kalo mau buat bikin MPASI anak <12 Bulan/belum diberi garam. Lewatin aja garamnya. Nanti buat keluarga lainnya tinggal ditambahkan setelah mateng. Begitu juga mericanya.

3. Tambahkan 500 ml air panas ke dalam panci presto (bukan panci yang dalemnya ada daging, ya), atau secukupnya sampai 3/4nya terendam.

4. Presto sampai matang sesuai petunjuk masing-masing panci presto. Kurang lebih 30menit.

5. Setelah matang, ambil daging-dagingnya dan aduk dengan mentega/margarin/minyak samin. Buat anak manis berikan yang tanpa garam dan merica, untuk keluarga bisa ditambahin garam dan merica sambil dipanasin lagi.

Masakan ini gurih dari sono-nya. Jadi sebenernya nggak digaremin juga udah endwes. Supaya nggak monoton daging, bisa ditambah potongan tofu seperti di foto di atas, lalu masak sebentar. Krengsengan ala Eyang Uti ini enak dinikmati bersama ketupat pulen ekspress yang bikinnya juga pakai panci presto.

Selamat mencoba, ya Mama Kece.

Selamat hari raya Idul Adha!

comments powered by Disqus