Home >> 62 >> 11 Pesan Kunci Praktik Pemberian MPASI
11 Pesan Kunci Praktik Pemberian MPASI
Sekarang si kecil sudah 6 bulan! Artinya kita mendapat tantangan baru nih, memberikan makanan pendamping untuk memenuhi kebutuhan energi setiap harinya. Horeeee...!
Mamaku Koki Handal /
Fri Jun 2014, 03:06
Yuk belajar makan, sayangku!

Dalam upaya memberikan makanan pendamping yang baik, sehat serta alami dengan cara membuat sendiri makanan untuk bayi di rumah, kita juga perlu paham "11 Pesan Kunci" yang kami ambil dari buku panduan saat melaksanakan pelatihan konselor MPASI oleh Kemenkes RI ini. Penjelasan dibawahnya merupakan penjelasan dari kami, supaya Mama & Papa lebih paham :)

Pesan Kunci ini merupakan hal penting yang wajib diperhatikan untuk menghasilkan makanan pendamping yang berkualitas sehingga membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi menjadi optimal. Yuk mari dicermati!

1. Timbang anak Anda setiap bulan. Anak sehat, tambah umur, tambah berat, tambah pandai.

Sebulan sekali rajin bawa ke Posyandu/Puskesmas/RS untuk kontrol tumbuh kembang yaaaa! Isi KMS menurut jenis kelamin anak.

2. Bayidan anak yang mendapat ASI hingga usia 2th atau lebih, akan bertumbuh kuat, sehat dan berkembang dengan baik.

ASI memang makanan termurah+sehat :) Sebisa mungkin kita memberikan ASI kecuali memang ada indikasi medis dan keadaan tertentu yang membuat anak harus diberi susu formula. It's OK :)

3. Bayi yang diberi MPASI mulai 6 bulan dan tetap memperoleh ASI smp usia 2 tahun atau lebih akan tumbuh dan berkembang baik.

Artinya... Jangan dari umur 2 bulan dikasi pisang :D Ada resiko invaginasi yang bisa terjadi.

Yang pakai susu formula juga tetap sebaiknya mulai makan makanan pendamping di usia 6 bulan (kecuali ada indikasi medis lain yang ditetapkan tenaga medis.)

4. Bubur MPASI yang kental akan memberi energi yang lebih banyak daripada yang encer.

Pada masa perkenalan boleh dimulai dengan bubur/makanan yang encer, tingkatkan secara bertahap sesuai dengan umur anak. Hal ini karena anak bayi perlu energi besar dari makanan pendampingnya.

5. Makanan sumber hewani sangat baik untuk anak agar tumbuh dan berkembang dengan baik.

Terutama sebagai sumber alami Fe (zat besi) yg mudah diserap tubuh, sumber protein dan energi protein.

6. Kacang-kacangan berikut olahannya seperti tahu dan tempe adalah bahan makanan yg baik untuk anak.

Siapa bilang tempe dan tahu nggak kece? :D Makanan ini bagus, lho sebagai sumber protein dan zat besi bagi yang tidak makan bahan makanan hewani. Kupas kulit ari kacang-kacangan supaya lebih mudah dicerna bayi.

7. Sayur dan buah bewarna hijau tua/kuning/merah membantu kesehatan mata anak dan meningkatkan daya tahan tubuh melawan penyakit.

Nggak perlu dijelaskan lagi yah, pasti sudah paham kalau anak (dan kita!) wajib mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral secara alami :)

8. Untuk pertumbuhan yg baik, anak membutuhkan makanan beraneka ragam. Terdiri dari 2-4x makanan utama, 1-2x makanan selingan.

Usahakan memberikan makanan selingan yang sehat. Hindari makanan selingan yang "nyampah" seperti yang tinggi gula, bersoda, banyak menggunakan bahan tambahan makanan (pewarna buatan, perisa buatan, pengembang, pengawet) dan berpenyedap rasa.

9. Seiring dgn perumbuhan anak, maka jumlah makanan yg diperlukan bertambah.

Sangatlah penting untuk menyesuaikan jumlah makanan dengan umur anak. Bisa dilihat di tautan berikut ini.

10. Anak kecil PERLU belajar makan. Bujuk dan BANTU penuh dengan keSABARan.

;-) mari-mari sedia stok sabar yang buanyaaaaaakkk.. Problema anak belajar makan itu banyak, mulai dari melepeh, mengemut, tidak mau buka mulut, sembelit, hingga membuat kotor meja dan lantai :D Sabar, dan tetap ajari anak untuk belajar makan dengan baik. It takes time. so be patient.

11. Bujuk anak untuk tetap makan & minum selama sakit dan beri makanan tambahan dalam masa pemulihan supaya kesehatan cpt pulih dan tumbuh kejar.

Bayi/anak yang sedang sakit cenderung malas dan kehilangan nafsu makan. Tetap tawarkan makanan dan minuman yang menyamankan dalam jumlah sedikit namun sering. Setelah sembuh, tambahkan jumlah makanannya / frekuensi makannya supaya bisa mengejar kembali berat badan yang biasanya turun selama sakit.

Itu diaaaa.... 11 Pesan Kunci praktik pemberian MPASI. Selalu diingat ya!

Jangan lupa untuk membeli dan membaca tuntas buku "MPASI Perdana Cihuy" dari komunitas ini, di sana banyak terdapat info dan pedoman praktis untuk memulai acara makan-makan pada bayi ini. Termasuk ada tabel AKG (angka kecukupan gizi), URT (ukuran rumah tangga, lengkap dengan hitungan kalori bahan makanan), contoh skema/jadwal pemberian MPASI, serta 20 resep kece yang mudah dipraktikan :) Info buku kami lainnya bisa cek di http://bit.ly/CariBukuMKH

Tersedia di toko buku Gramedia dan toko buku online :)

Salam Cihuy!

comments powered by Disqus