Home >> 62 >> Invaginasi? Apaan Tuh?
Invaginasi? Apaan Tuh?
Invaginasi emangnya ada hubungan sama pemberian makanan padat pada bayi sebelum waktunya? Bisa jadi ada lho, Mamakece dan Papaganteng...
d e p e z a h r i a l /
Fri Jun 2014, 03:06

Invaginasi itu apa sih? Berikut penjelasan tentang Invaginasi yang ditulis oleh PahMod dr. Yossi Arioseno. Silaken dibaca yaaaa...

Dear Moms & Dads,

Invaginasi/Intususepsi adalah suatu keadaan terjepitnya usus. Pernah lihat teropong single lens yang dari panjang bisa jadi pendek kan? nah kurang lebih gambarannya seperti itu Usus yang semula panjang dan bergerak secara teratur, kemudian memendek sehingga terjepit, kemudian menimbulkan trias gejala: Nyeri Perut, Muntah, dan BAB Berdarah.

Angka kejadian invaginasi ini relatif kecil, 1-4 kejadian setiap 1000 bayi lahir hidup (angka di US & UK) dengan laki-laki lebih sering terkena dibanding perempuan (3:1).

Bagaimana dengan di Indonesia? Saya tidak punya angkanya, tetapi di RS. Hasan Sadikin Bandung kasus ini cukup sering, hanya saja perlu kita lihat lagi, RS. Hasan Sadikin adalah pusat rujukan Jawa Barat, jadi kalau banyak ya wajar saja, la wong se-Jawa Barat dikirim ke sana semua :-)

Invaginasi ini terjadi bisa pada anak-anak (seringnya pada usia kurang dari 1 tahun), bisa juga terjadi pada orang dewasa dengan kelainan khusus sebelumnya (seperti ada tumor di saluran pencernaan).

Mekanisme terjadinya invaginasi ini masih idiopatik (bahasa keren di kedokteran yang berarti: belum diketahui penyebabnya). Prinsipnya sih karena gerak peristaltik usus yang bermasalah. Hipotesa yang paling kuat untuk anak berusia kurang dari 1 tahun masih karena pemberian solid food/makanan padat pendamping yang terlalu cepat.

Tapii.. jangan juga terlalu cemas berlebihan. Selama mengikuti panduan WHO yang tentunya sudah dirapatkan dan dipikirkan oleh ahli-ahli dari seluruh penjuru dunia, Insya Allah sih aman. Kalau masih terkena juga yah, mungkin penyebabnya adalah hal yang belum diketahui tadi alias idiopatik.

Sumber bacaan yang dapat dipercaya untuk online:

www.mdconsult.com

www.emedicine.com

www.merckmanuals.com


untuk offline:

Nelson Pediatrics edisi terbaru

Semoga sedikit mencerahkan ya :-)

 

Ada tambahan resource soal invaginasi ini: Laporan Kasus (lapsus) Invaginasi pada bayi 6 bulan karena pemberian makanan padat pada usia 2 bulan

Nah, maka dari itu yuk mari kita ikuti rekomendasi WHO terbaru untuk memperkenalkan makanan padat pendamping ASI/sufor saat anak berumur 6 bulan dimana organ pencernaan sudah lebih mature dan siap. Nggak ada salahnya kok bersabar menunggu, daripada "apes" anaknya kena invaginasi kayak gini (amit-amiiittt). Lagi pula, nikmati dulu aja proses menyusui yang indah ini, bayi nangis, laper tinggal cep pake ASI atau bikinin susu :D

Selamat bersabar ya mamaaaa, papaaaa, eyaaaanggg.... :)


comments powered by Disqus