Home >> 62 >> Mencari Si Gurih Glutamat Yang Alami
Mencari Si Gurih Glutamat Yang Alami
Bermula dari keprihatinan kami terhadap maraknya beberapa produk makanan yang mulai meninggalkan kata-kata MSG untuk kemudian menggantinya dengan MNG
MakMod DepeZahrial /
Tue Nov 2012, 09:11
Kaldu Udang, salah satu sumber glutamat alami

Lalu ada artikel-artikel yang memuat penelitian soal MSG yang sempat jadi kontroversi juga di kalangan ibu-ibu pecinta makanan sehat alami terutama di internet. Kontroversi soal pemakaian bumbu penyedap ini emang kontroversial sih ya (banyak amat sih kata kontroversinya?). Lalu karena penasaran, kami bertanya kepada dua orang ahli gizi yang memang sering kami jadikan tempat konsul dan bertanya kalau ada yang mengganjal di hati *ciee*

Yang pertama, kami bertanya pada ibu Maria Phan, MSc (alumni Jurusan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, IPB, dan MSc Community Nutrition, SEAMEO TROPMED UI Jakarta, pemerhati ASI-IMD, masalah gizi), yang kedua, kami bertanya pada ibu Lora Sri Nofi, GradDiptHumNutr, MNutrDiet, RD (ahli gizi di RSCM.)

Keduanya berpendapat, kalau memang sudah ada sumber glutamat alami yang ada dalam bahan makanan maka penambahan penyedap itu tidak diperlukan. Itu hanya pemanjaan lidah saja. Glutamat memang akan lebih cihuy memanjakan lidah kalau ketemu sama sodium/natrium. Tentang penelitian yang menyatakan penyedap MSG dan kawan-kawannya itu aman digunakan, itu hanya bersifat parsial dan tingkat keilmiahannya rendah karena yang diujicobakan adalah tikus mencit. Belum ada yang menguji pada manusia. (Yamasa badankita disamain sama mencit sih, tega...)

Dan kenyataan bahwa ada orang yang nggak tahan kalau terkena makanan bermicin (langsung mual, pusing, dll) itu beneran ada, tentunya membuat kita harus lebih bijak menggunakannya. Apalagi buat masakan bayi.

Sebenernya, glutamat itu apaan sih, Mah? Glutamat adalah salah satu dari banyak asam amino yang secara alami ada/dibentuk dalam tubuh manusia dan semua makanan yang mengandung protein. Adanya kandungan glutamat alami yang tinggi dalam sebuah bahan makanan, akan membuat makanan itu semakin enyak dan guyih! Contoh bahan makanan yang mengandung glutamat alami, misalnya: Aneka daging hewani, kedelai, makanan laut (ikan, kerang, cumi, dan mungkin Deni Manusia Ikan?), aneka jamur, rumput laut & ganggang laut, wortel, kentang, keju, susu, yogurt, tomat, bawnag merah gorang, bawang putih goreng, mentega... Duh Jadi lapar.

Jadi glutamat nggak bahaya dong? Lah, emang enggak. ASI aja ada glutamatnya. Yang bahaya itu justeru karena si glutamat kalo dalem permicinan udah ganti nama jadi MSG atau MNG atau nama-nama tersembunyi lainnya. Ada Natrium/Sodium yang merupakan unsur dalam garam a.k.a NaCl. Nah, jadi, kalo Mama kece masak, nih.. Udahlah dibumbuin pake garem, masih ditambah permicinan dan kawan-kawan dekatnya numpuk 'kan natrium/sodiumnya. Dan kebanyakan natrium/sodium pun pasti mama kece tau akan kurang baik buat tubuh. Abis itu lidahnya manja, kalo nggak gurih micin, asin garem, nggak bisa makan. Kalo menurut pendapatnya Mamah, sih, semua makanan yang dikasi penyedap itu rasanya jadi sama semua.

Kita nggak pernah tau betapa labu dan tomat kalo disop bareng, tambahin garem dikit rasanya udah enakkkk. Daging segar yang dipanggang dengan sedikit butter itu ternyata enyakkk... Duh kan jadi laper. Trus, orang Jepang bikin makanan lebih guyih dengan kedele. Orang Korea bikin aneka saus ikan untuk bikin masakannya enyak, chef Perancis meningkatkan rasa gurih melalui pembuatan kaldu hewani yang kaya glutamat alami atau memakai produk susu dalam masakan. Orang Indonesia punya kombinasi dahsyat ulekan bumbu-bumbu dapur yang membuat masakannya syedap syekali (bayangin rendang). Kan.. Bisa kok masak enak ga pake permecinen :D

Trus kalo udah kebiasaan pake MSG/MNG dan kawan-kawan sejawatnya gimana, dong? Jadi lebih pendek umurnya? Hahha... Ya enggak ekstrim gitu juga keleuss. Saat kita makan di luar (di resto gitu maksudnya, bukan di halam rumah) pasti lah kita ada terpapar micin-micinan ini. Itu udah Force Majeur kalo kata agen asuransi. Maka dari itu sebisa mungkin di rumah itu steril lah masakannya dari penambahan penyedan berbasis MSG/MNG dan kawan-kawannya ini. :)

Jadi, belajar yuk buat bikin masakan enak alami buat anak, buat keluarga, dan kenali aneka bahan makanan dengan glutamat alami lalu olah dengan baik. Duh sekarang tuh ya, kalo mau belajar masak saranya gampang bener. Cuman sejauh uluran jempol. Web ada, video berceceran, forum diskusi bertebaran! Yang penting mama kece niat belajar aja dulu. Kalo udah niat, pasti bisa!

SEMANGKOK*!!!! (karena semangka/cumungudh/cumungut are sooo last century)

(*): Semangat Mama Koki!

Baca juga tentang penghindaran penambahan garam dan gula pada makanan bayi di TAUTAN INI

comments powered by Disqus