Home >> 61 >> Tips Masak Ketupat Pakai Panci Presto
Tips Masak Ketupat Pakai Panci Presto
Sebentar lagi kan Lebaran Haji, nih. Yang punya panci presto, bisa manfaatin buat masak ketupat buat hidangan anak manis plus si Papa :D
MakMod DepeZahrial /
Fri Oct 2014, 05:10
Masak ketupat pakai panci presto? BISA ^^

Panci presto adalah perkakas masak favorit saya setelah slow cooker! 

Dan 2 lebaran lalu saya baru tau kalo si panci presto bisa buat masak ketupat dalam waktu.... 45 menit saja! Biasanya kan bikin ketupat yang yahud perlu waktu minimal 2 jam. Boros dong gas..

Panci presto saya mereknya Maxim, kapasitasnya nggak gede. Cuma 4 Liter doang. Tapi ini jadi penolong saya waktu nyoba bikinin bandeng presto buat makanan si anak manis. Nah, gimana cara bikin ketupat yang cihuy dengan panci presto? (catatan, ini tipsnya buat panci yang ukurannya sama dengan punya saya yaaa)

1. Pertama-tama, punya panci prestonya dulu dong!

Tipsnya: Pastikan semua mur-bautnya kencang, dan karet pengaman di dalam tutup panci presto bersih serta diberi lapisan minyak goreng dikit secara rata. Ini membantu keawetan si karet pengaman biar nggak gampang rusak/getas. Trus, pastiin nggak ada kotoran yang nyangkut di lubang udara pancinya supaya uap bisa melalui katup kayak jalan tol di hari lebaran. Lancar banget, getoh...

2. Siapkan selongsong ketupatnya. Bisa beli, atau bikin sendiri, atau minta buatin orang trus kita tuker pake uang (itu namanya beli, Dep!). Cuci bersih dengan air matang/air bersih. Lalu gantung supaya agak kering.

3. Cuci beras, lalu rendam sekitar 15 menit. Tiriskan. Ini membuat beras jadi lebih lembut.

4. Masukkan beras ke dalam selongsong ketupat.

Nih tipsnya: Makin banyak mama kece masukin beras, makin padet hasil ketupatnya. Jadi kalau mau bikinin ketupat juga buat anak manis yang masih makan MPASI Rumahan yang lembut, isi aja setengah lebih dikitttt. Nanti jadinya ketupatnya lembut seperti nasi tim, jadi tinggal dihalusin pakai sendok. Kalau standarnya, isi ketupat dengan beras sekitar 3/4-nya.

5. Masukkan selongsong ketupat yang sudah diisi beras dalam panci presto, tambahkan air bersih ke dalam panci presto, sisakan sekitar 3 ruas jari dari panci paling atas supaya airnya nggak meluap. Waktu nambahin air ke dalam panci, sambil dipencet-pencet gitu ya ketupatnya, biar airnya masuk ke dalam ketupat dan supaya para ketupat tenggelam secara paripurna.

TIPS: Tambahkan 2 lembar daun pandan yang diikat supaya ketupatmu tambah harummmm!

6. Tutup dengan aman panci prestomu, panaskan panci di api paling besar sampai uap pertama bisa menggerakkan/memutar katup uap Kira-kita ini terjadi di 7-10 menit pertama. Setelah katup berputar dan berdedis selama 10 menit, kecilkan api ke normal. Masak sampai menit ke 45-50. Setelah itu matikan api. 

Sebelum membuka panci, pastikan katup pengaman sudah turun. Jangan pernah membuka paksa panci presto yang masih terkunci! Ba-Ha-Ya. Kalo di panci presto saya, katup pengaman benar-benar turun sekitar 10 menit kemudian. Kalo pas lagi kebelet ga sabar, saya angkat-angkat katup yang di tengah (yang mecungul itu) supaya uapnya keluar semua dengan cepat :D Resikonya, tangan saya kadang kena uap puanas dan abis itu saya mengutuk seisi dapur.. Hauhahahahaaa... (jangan ditiru, yah!)

Nah setelah panci presto aman untuk dibuka, keluarkan ketupat-ketupat dari mandi air panasnya. Gantung supaya airnya tiris dan siap dimakan bersama hidangan daging ala lebaran haji, deh!

Kalau nanti saya posting resep favorit saya di lebaran Haji yang bisa buat lauk MPASI anak manis sekaligus hidangan keluarga berjudul "Krengsengan Sapi a'la Eyang Utik", pada mau nggak?

comments powered by Disqus