Home >> 61 >> Tips Membuat Onigiri Untuk Bekal Ala Bento
Tips Membuat Onigiri Untuk Bekal Ala Bento
Menggugah selera makan anak manis dengan cara membentuk nasi menjadi aneka bentuk lucu!
Makmod DepeZahrial /
Wed Sep 2014, 09:09
Onigiri Kodok dan Panda

Postingan ini saya didedikasikan kepada Mama-mama Kece yang anak-anak manisnya udah pada mulai masuk PAUD/TK :D

Yaaa.. Gimana ya, kan dari kecil kita sudah ajarin untuk makan makanan dan masakan yang wholesome, segar dan sehat. Masa pas udah mulai sekolah, kita kasih duit buat makan jajan-jajan setiap hari? Kalo bisa, jangan sering-sering ya. Kita bikin gerakan Bekal Sehat Ke Sekolah lebih membahana yuk, menyambung MPASI Rumahan!

Naaaaah, salah satu cara ngebekel buat ke sekolah contohnya adalah nge-bento alias ngebekel ala-ala orang Jepang itu lho. Salah satu yang ada di dalamnya adalah Onigiri. Ada yang tau apa sih Onigiri itu?

Yak betul! Onigiri adalah nasi kepal ala Jepang. Biasanya dibuat dari beras Jepang yang setelah menjadi nasi memang teksturnya pulen dan kenyal. Bisa berupa nasi putih biasa, atau diisi dengan aneka makanan, asinan, lauk, dan kadang dibungkus/ditabur dengan nori/rumput laut. Tapi, gimana kalo disini bahan-bahannya susah? Nggak perlu khawatir! Pokoknya Mama Kece paham prinsip-prinsip membuat sebuah Onigiri.

Yuk, kita simak tipsnya!


1. Nasi yang digunakan untuk bikin Onigiri harus nasi yang cukup lengket. Pakai beras jepang atau tambahkan sedikin beras ketan ke beras biasa saat memasak. Pakai nasi pulen pun biasanya cukup.

2. Nasi untuk Onigiri sebaiknya dibentuk saat masih hangat. Lembabkan tangan dengan air matang yang dibubuhi sedikit garam terlebih dahulu supaya nasi nggak lengket ke tangan, yah. Bisa juga dengan meletakkan nasi hangat ke dalam bungkusan plasticwrap, lalu bentuk , deh!

3. Onigiri bisa diisi dengan lauk favorit anak/kita. Misalnya kayak rendang kering (eh ini mah favorit saya), abon, orek tempe, apapun yang penting kering (nggak berair) supaya nggak merubah tekstur si onigiri dan nggak bikin onigiri gampang basi. Bisa juga cuman nasi dikepal biasa, lauknya nanti dipisah.

4. Onigiri juga bisa lho dihias-hias supaya jadi kyaraben yang kece. Kayak gini... Hihihiii....

Owly Images

5. Kalo ribet membetuk onigiri pakai tangan, bisa juga dengan aneka cetakan. Cetakan yang dipakai nggak mesti cetakan khusus onigiri, bisa juga cetakan agar-agar/pudding. Seperti ini:



Gampang kaaannnnn? Kapan-kapan, kita bikinin vlog buat bikin onigiri ini yah. Yang mau dibikinin video blog cara bikin onigiri, tinggalin komentar di sini yaaawww :D

Selamat bikin Bekal Sehat Ke Sekolah!
comments powered by Disqus