Home >> 61 >> Ada Apa Dengan Slow Cooker?
Ada Apa Dengan Slow Cooker?
Memecahkan Misteri Slow Cooker 1,2 Liter
Makmod Yudith /
Mon Sep 2014, 10:09
Contoh Slowcooker 1.2 L

----- Praaaang! ..... Hah?! Apa itu Nem? Mangkuk slow cooker kesayangan saya pecah?! Bagaimana bisa? Pecah sendiriiiii??? APPHAAAAAAAHH?!..... Jreeeeeeng!

Eh, ini bukan cerita misteri mangkuk slow cooker yang pecah sendiri :D ..... Maap salah curhat hahaha. Ini adalah hasil riset dari curhatan para Mama Kece di milis kita tercinta, milis MPASI Rumahan. Sekarang lagi bangbingbung bingung (bukan nabung) kenapa kok buburnya nggak jadi, gosong, jadinya malah nasi, macam macam deh.

Terus terang saja momod jadi ikutan bingung, (pegangan Papa Tom Cruise) soalnya sudah bertahun-tahun pake, kok tidak ada majalah gitu loh. Jadinya, kita mengadakan uji coba lagi nih tentang memasak bubuk nasi dengan menggunakan Slow Cooker Takahi 1.2 liter.

Monggo disimak ya Mama, semoga membantu dalam membuatkan makanan yang sehat untuk si kecil.

• Untuk menghemat waktu pemasakan, gunakan air atau kaldu yang sudah dipanaskan.

• Jangan memasukkan makanan beku ke dalam SC, perubahan suhu yang drastis selain bisa memperlambat proses memasak, juga bisa merusak gizi makanan, lho.

• Jangan membuka penutup selama memasak karena akan menyebabkan uap kelar dan memperlambat proses memasak. Makanya tutup slow cooker berwarna bening, jadi bisa diintip kan hasil masaknya. Kalau sampai terbuka tutupnya, uap panas akan keluar.... Tambah lama lagi proses memasaknya.

• Pot atau panci dalam SC minimal terisi setengah dari tinggi mangkuk slow cooker untuk hasil masakan lambat yang baik.

Dan untuk mencegah meluap saat memasak, jangan mengisi cairan hingga batas pot. Percobaan ini menggunakan Slow Cooker merek Takahi 1.2 Liter.

HASIL PERCOBAAN

Percobaan I

Takaran: 200 ml air panas, 2 sdm beras. Dimasak dengan setting AUTO/ LOW selama 5,5 jam.

Hasil: Teksturnya jadi bubur, luembuuuuuut bianget. Tapi banyak keraknya dipinggirnya.

Foto Atas

Percobaan II

Takaran: 200 ml air panas, 2 sdm beras. Dimasak dengan setting AUTO/ LOW selama 2 jam 15 menit. Hasil: Bentuknya seperti nasi, tapi teksturnya lembuuuuut banget seperti bubur.

Kalau untuk bayi 6 bulan bisa dihaluskan lagi dengan saringan yak. Masih ada dikit gosong dipinggirnya.

Foto Bawah

Percobaan III

Takaran: 500 ml air panas, 6 sdm beras, 1 sdm daging has dalam yang sudah giling. Dimasak dengan setting HIGH selama 4 jam.

Hasil: Pas. Jadi bubur tapi kental, yang model dibalik gak tumpah itu lho. Kalau mau lebih encer tambahin aja air +100 ml. Karena ada tambahan daging gilingnya, bikin lebih gurih! Nyamnyamnyam *lho, ini bubur buat anaknya apa mamanya? XD

Percobaan III

KESIMPULAN

Memasak bubur dengan slow cooker volume 1,2 liter, jangan terlalu sedikit takarannya (Lihat poin 4). Coba dengan 400 ml dan 4 sdm beras. Mungkin tidak akan ada gosong disekitarnya, dan proses memasaknya bisa agak lama dikit. Bisa sekitar 2,5 – 3 jam. Cukup di kontrol dengan melihat dari tutup slow cooker yaaaaaa, jangan dibuka tutupnya (Lihat poin 3). INGAT! *deuh, galak bener nih bumod*  

Intinya teteup wajar pake proses trial and error ya Mama Kece. Kaya pacaran gitu lhoooo, dicoba cara ini itu biar dapat selahnya.

Oya, ini percobaan untuk memasak bubur sahaja yaaa.... Kalau Mama Kece mau menambahkan daging tentu saja proses memasaknya lebih lama, dan sayuran juga dimasukkan beberapa saat sebelum slow cooker

Tips lain seputar masak memasak dengan slowcooker ini antara lain:

• Letakkan bahan makanan yang teksturnya lebih keras di bagian paling bawah pot.

• Buang kulit unggas dan lemak daging lainnya yang berlebihan sebelum dimasak.

• Sayuran segar seperti kentang, wortel dan bawang bombai diletakkan di dasar panci, di bawah daging, supaya matang lebih cepat. Sayuranr akar (wortel, kentang, ubi, dkk) cenderung matang lebih lambat dari pada daging. Bisa juga sayuran dimasukkan 30 menit sebelum masakan selesai, tergantung besarnya potongan sayurannya. Semakin halus/ kecil dipotongnya, semakin cepat proses memasaknya di dalam slow cooker.

Nah, semoga misteri per-slowcookeran terutama yang ukuran 1.2L ini sudah terpecahkan yaaa!

Selamat memasaaaak!

comments powered by Disqus