Home >> 61 >> Manajemen Waktu Untuk Ibu Rumah Tangga
Manajemen Waktu Untuk Ibu Rumah Tangga
Untuk mengurus dan membuatkan makanan bayi sendiri.
d e p e z a h r i a l /
Fri Jun 2014, 10:06

Kalau beberapa waktu lalu di milis rame sharing soal manajemen waktu ibu bekerja untuk membuatkan MPASI/Makanan Bayi di rumah, sekarang ibu-ibu rumah-tangganya nggak mau kalah pusing :D

MUANTEP…. Ini nih yang bikin ibu-ibu cepet langsing lagi (harusnya sih..)

Seru deh tret dari milist MPASI Rumahan ini!

Biar hasil diskusinya bisa dibaca sama ibu-ibu rumah tangga lainnya, saya akan rangkum jadi satu tulisan yah.

Bikin MPASI/Makanan Bayi itu tidak dipungkiri perlu waktu khusus dan kadang juga mengambil waktu yang nggak sebentar. Mulai dari beli bahan, persiapan sampe masak dan menyimpan. Beberapa mama kece member milis MPASI Rumahan yang berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga dan nggak punya pembantu/asisten/BS (mwahahaha.. sampe digedein gini..) sempat merasa kebingungan karena saat harusnya masak makanan untuk bayinya, eh bayinya nggak bisa (nggak mau ditinggal). Bingung gituuuu kapaan masaknya…?

Ini dia curhatan pertamanya oleh Mama Lutfia:

Mamaah..., mau curhat nih...

Aku kok rasanya repoooot bgt yak buat masak MPASI yang agak-agak ribet gituu...

Anakku ini klo lagi bangun susah bgt ditinggal, mamanyaa ke dapur langsung nangis....

Atau kalo lagi manjaa banget walopun udah aku taru di bouncer di dapur tetep aja nangis, maunyaa digendong...

Jadi masak nya harus nyolong-nyolong deh klo dia asyik maen atau pas bobok, (aku di rumah sendiri, ga ada pembantu, suami berangkat kerja jam 6 lebih pulang stengah 6) nah...

Ngepasin baby-nya pas mau ditinggal masak ini yang susah... Apa lagi kalo "menunya" yang dimasak harus dengan "perhatian khusus" ga bisa disambi gituu.. Hadewh...

Jadi selama ini aku bikinnya sekitaran sup atauu tumis-tumis yang cepet bisa dibuat dalam waktu 30 menitan, jadi kalopun dia minta gendong ga pegel lah.. Hwe..

Nah... Kalo mama-mama disini kalo pas bikin MPASI baby-nya digimanaain? dengan catatan yang kasusnya sama kayak saya lhoo..., ga ada babysitter ga ada pembantu, sodara atopun suami, dan baby-nya moody banget... Kadang ga mau ditinggal...nempel teruss...

Salam.

Nah, beberapa mama kece akhirnya sharing jurus-jurusnya…

Mom lutfiatikairmawati (maaf ga tau namanya) masakan buat anak yang rada ribet yang gimana memangnya yang pengen mom bikin??
Apa baby-nya ga lama bobo nya? Memang udah umur berapa baby-nya mom ?

Kebetulan aku juga gitu, ga pake pengasuh ato pembantu di rumah..
Plus WM.. Jadinya buat nyiapin makanan baby, aku campur juga dengan frozen-food..
Kalo baby-nya udah bisa merangkak.. Mungkin udah ga mau lagi diiket di-bouncer..
Anakku gitu mom.. Klo di-bouncer bisa teriak-teriak.. Jadi mending dibiarin aja merangkak kemana-mana.. (yang penting tempatnya aman n terpantau sambil masak)

Ato kalo ga bisa bikin lauknya pas malem aja.. pas suami udah pulang,, tinggal masukin kulkas bawah, buat besok.. Jadi ga perlu di-frozen gitu...

Ga usah pusing bin stress mom.. Tar Mpasi yang dibikin malah ga enak.. Hhehehee..
semangaattt yah mom


Regards,
Wita,bunda Ethan | @witasworld

Solusinya: Pake Slow Cooker!

Mom Lutfi,

Kenapa ga pakai slow cooker aja mom? Jadi pas malam baby tidur, mom siapin deh bahan-bahan. Trus tinggal cemplung, pagi sudah mateng.

Febriyani

Ikutan Curhat :p

Mama Lutfie sama banget deh kasusnya sama aku, baby Shawna 7M+ nempel trus sama mamanya, jadi kalo mau masak udah stress duluan mengingat mau berdiri aja udah direngekin hehe, maaf jadi curcol, paling kalo aku sih curi-curi waktu pas baby-nya bobo ato pas ada ayahnya masakin sekaligus buat makan 3x...

Vita

Masak pas anaknya tidur, aja!

Hai mba Lutfi, I feel youuu! Haha! Repot-repot gmanaaa gitu yaa kitanyaah. Kalo pengalaman aku sih buatnya pas dia lagi tidur aja mba. Dia tidur paling cepet 15-30 menitan. Nah, aku manfaatin deh waktu itu.

Biasanya aku cuma masak yang rebus-rebusan dan kukus doang. Tapi kalo bubur aku masaknya pake SC, jd ga mkn waktu. Kalopun dia udah bangun, ntar aku tinggal matiin kompor.
Sementara aku nyiapin makanannya, aku taro dia aja di baby high chair. Jadi dia tau aku lagi siapin makan buat dia. Toh nyiapin makannya juga ga lama dong. Hehehe..

Itu sih pengalaman aku yaaa.. Maaf kalo ga membantu. *pukpuk*

China's Mom
Hugsnkisses


Ini juga ikutan currrhat, maklum anaknya kembar tiga aja gituh gantiii… roger! :D :D

Mom Lutfiatikairmawati..

Semangat mom aku juga rempong +++ karena mybaby triplet & cuma pake pengasuh 2.. dan selama ini masak ga pake sc ..

Kalo aku masak dari subuh mom.. mulai jam 3 saat mereka masih tidur bikin sarapan & maksi, maksor gitu

Ya bisa-bisanya curi-curi waktu hehehehee...

Maaf kalo ga ngebaantu *maaf juga keypad errorrr hiks

-shinta-
Triplet axe's mom
(Aaron.Xaxa.Evan)


Coba diajakin ke Dapur (dengan persyaratan…..)

Mom, coba baby-nya ajak ke dapur, tentunya jarak aman yaa, soalnya berhasil sama Dika (8 months), dia duduk di hc, trus hc-nya aku taroin deket dapur jadi dia bisa liat ibunya masak, soalnya kalo ditinggal juga suka ngak ngek nangis, trus juga jadi bisa diajak ngobrol kan hehe, kali aja ntar dika jd cepet ngomongnya :D

HTH ya mom...

Regards
-ruli-


Mom, coba dapurnya diberi pagar pembatas supaya anak tidak ngeloyor ke area masak, gak usah tinggi banget supaya anak bisa ngeliat mamanya lagi masak, kita juga bisa ngeloncatin pagar (in case we're in hurry).

Anak-anakku biasanya aku kasih mainan depan pagar tersebut, jadi dia tetep ngerasa nyaman karena deket sama bundanya walaupun terpisah pagar, kita juga ngerasa tenang memasak karena bisa ngeliat anak ngapain aja.

HTH
-eRnie-


Sama kayak mom Ruli & mama Ernie, dulu Nisa waktu masih 1 th sering didudukin di hc terus ditaroh deket dapur. Sambil masak ato cuci piring kuajak ngobrol nisa. Mulai ga mau duduk di hc dilepas aja tapi jalan ke dapur aku kasih pagar biar ga ke dapur. Tapi Nisa masih bisa liat bundanya lagi masak. Dan Alhamdulillah ga rewel. Malah dia asyik main terus dikit-dikit jalan ke deket dapur cuma buat liat bundanya sambil ngoceh-ngoceh gitu..

Dwi Respati
Bun bun Nisa

Bangun puagiiii sekali, dan atur buat masak yang simple.

Hai mom!
Saya sih WM, masaknya subuh sebelum baby bangun yah paling sop atau kukus-kukusan..
Nah kalau hari minggu mau masak yg agak ribet.. Subuh bangun nyiapin bahan (sebelum baby bangun) potong-potong sayur, siapin bumbu-bumbu dapur.. Siapin sarapan, Beresin kerjaan RT yang lain sambil nunggu baby bangun.. Kalau baby dah bangun temenin baby maen, jalan-jalan keliling komplek, suapin sarapan, mandiin, main bentar, tar dia bobo start lagi didapur tinggal masak. Ditumis kah, diapain kah.. Pokoknya bahan yang dah disiapin tinggal masak so jadi cepet.. bobonya
sekitar 30-1 jam masih keburu cuci piring, ngepel :D makanan yang sudah masak biar keep warm kalau muat masuk di warm jar (bener ga yah namanya ini) masaknya sih untuk 2x makan langsung. Tapi kalau mom mau masak maksi beda maksor beda, untuk maksor curi aja waktu bobo siangna baby :)

Just my share

a Wife and a Mother
my Didi and Dhaffy


It’s Complicated… :D

Hi mom,

Saya jugaaa!!!
Saya ga ada mbak sama sekali, ga ada suster, mama kerja, jadi di rumah Home Alone sama baby :)
omaigod pokoknya.
Memang repot banget masak Mpasi-nya. Aku biasa sehari-hari suka keteteran juga sih. Aku biasanya nunggu baby tidur, langsung ngebut masak. Ato kalo dia udah keburu bangun, aku taro dia di baby walker. Kadang gendong pake cukin (pegellll)

Kalau dia di baby walker Sambil kasih dia nonton dvd denger musik anak-anak. So far dia oke-oke aja enjoy dengerin musiknya, dan sampe 11 months, aku sukses-sukses aja ngejalaninnya.. Sukses gempornya juga. Hihi... Rumah sih udah pasti kapal pecah, beresinnya nanti abis pada pulang deh :)

Kalau saran sih, mom punya media yana juga dia bisa duduk sendiri, maen sendiri dengan aman. Kasih maenan, atau kesibukan... Jadi bisa ditinggal sebentar-sebentar :)

Semangat ya mom. Pasti bisa :)

Peluk-peluk,
Lili


Problema ini bisa dijadiin cerpen, deh…

Di kasus ini saya ngga tau anaknya mom Lutfi umur berapa, jadi saya sharing aja ya..
Semoga membantu..

Sama ni plek ketiplek.. Hehehe... Tinggal cuma sama suami, jauh dari mama mamer n sodara, ngga ada pembantu.. Aslik rempongnyaaaa... Tambah-tambah si baby ngga bisa ditinggal sama sekali, sampe beberapa kali makan bubur instan :( tapi alhasil my baby malah ngga doyan.. *curcol*

Akhirnya, setiap malam siapin bahan-bahan yang mau dibikin, dari mulai mpasi yang masih puree buah udah bangun subuh buat disiapin. Kalo untuk maksi n maksor saya bikin pas baby tidur ± jam 10 (langsung dech ngebut), kalo belum selesai tiba-tiba bangun ya di gendong dech atau baby maenan di box n saya bisa lanjut masak, sama tengak-tengok sebentar. Mulai rutin makan bubur saya bikinnya dari tepung gasol + lauk jadi satu, tepung disaring pake saringan kawat (menghindari pemblenderan), kadang proses saring menyaring sambil nemenin baby di box.. Trus setelah bubur jadi, saya simpennya di thermos khusus untuk makanan (ngga tau namanya) hahaha, jadi 4-5 jam masih lumayan anget.. (Ngga tau aman buat baby aman enggak) :(  tapi my baby sih sehat-sehat aja n jarang banget sakit..

Kalo mom Lufti ada waktu buat bikin tepung sendiri mending bikin aja mom, bahan-bahan untuk lauk bisa disiapin dari semalem.. Lebih enak kalo punya slow cooker.. Dulu saya belum bergabung di milis ini n sama sekali ngga tau peralatan mpasi, yang saya tau cuman saringan kawat.. Hahaha... Bersyukurlah mom Lutfi udah ikut milis ini, karena sangat-sangat membantu..

Semangat ya mom n jangan pake emosi.. Semua itu proses.. Kalo baby udah 1 tahun keatas, udah mulai enak.. Karna ngga usah bikin bubur bur..

Maap jadi kaya cerpen.. Hehehe..


----------Novie----------
Maminya Joshua (21 months)


Peralatan dapur? Oh bukan, itu mainan anak saya!

Dear mom,

Kita senasib mom, apalagi sekarang aku ga berani tinggalin baby-ku (10 months) tidur gara-gara trauma jatoh dari kasur ... jadi menyiasati dengan bawa dia ke dapur pake stroller sementara mama nya masak, dia aku kasih mainan yang bukan biasanya dia mainin kaya tutup panci atau centong bersih biar dia ademnya agak lama. Hehe...

Hugs,
Lisa


Siasat siasat siasat!

Mama Lutfia,

Laaah, di rumah ada pengasuhnya Nares tapi nggak ngaruh juga. Manja mah manja juga sama emaknya ini. Kalo emaknya Nares udah di rumah, pasti deh anaknya bilang, "ibu... enyoooom..." (enyom itu gendong). Nah lho. Gimana si mamak mau masak? hiks hiks hiks... sementara saya yang pegang sendiri masakan buat bocah. 

Nyiasatinnya ya emang kalo nggak anaknya setelah bobo, atau sebelum bangun. 

Sama satu lagi aku nyiasatinnya... ngolah masakan daging-dagingan dan cemilan gitu aku nggak tiap hari. Tapi per 2 hari sekali. jadi, sehari digangguin, sehari nggak... ehehehe... sehari sibuk, sehari nggak. lumayanlah, selang seling...

Mona Anggiani

+++++++++++

dan.. pastinya akan lebih panjang lagi tretnya di milist... gabung dong makanya :D

Hwow…

Siapa bilang jadi Ibu Rumah Tangga enak? Hihihi… Tapi itulah indahnya jadi Ibu yah.. Dinikmati aja. Paling tidak, sekarang udah kebayang kannn gimana cara mengatur waktu dan mensiasati supaya anak tetap aman dan nyaman sementara ibu masak yang enak dan penuh cinta buat anak :D apalagi kalo anaknya bahagia abis ma'em.. waaa.. surga dunia :D


Selamat Masak!
@depezahrial
comments powered by Disqus