Home >> 60 >> Cemilan/Snack Untuk Bayi
Cemilan/Snack Untuk Bayi
Bayi boleh nyemil nggak? Nyemilnya apa? Nyemil sehat itu kayak gimana sih?
MakMod Depe Zahrial /
Mon Jan 2015, 05:01
Aneka Buah Cocok untuk Cemilan Sehat!

Heloooo Mama Kece, belom telat kan yah untuk ngucapin... "Selamat tahun baruuuu 2015!"

Tahun baru, semangat baru, berkah baru, dan mungkin kitchen set baru? Mari sama-sama bilang AAMIIN!

Btw, kok tiba-tiba ngebahas soal cemil-mencemil untuk bayi? Soalnya saya lihat hal ini termasuk FAQ alias 'Fertanyaan Ayangsering Qeulang-ulang' baik di Twitter @MamaKokiHandal maupun Milis MPASI Rumahan. Pertanyaannya antara lain:

-> Bayi boleh nyemil nggak sih?

-> Bayi umur sekian bulan nyemilnya apa?

-> cemilan yang sehat dan baik untuk bayi apa aja sih?

Mari kita kupas satu persatu, yes. Tapi sebelumnya kita perlu tahu dulu, dong, definisi dari 'cemilan' alias snack, alias kudapan, alias makanan selingan.

Kalo menurut KBBI cemilan / camilan adalah makanan kecil; makanan yg dimakan di antara dua waktu makan.

Cemilan membantu tubuh mendapatkan extra energi dan untuk anak-anak, tentu saja ini sangat bermanfaat karena mereka perlu energi besar untuk bertumbuh dan berkembang. Nah, kembali ke pertanyaan yang pertama: "Bayi boleh nyemil, nggak?"

BOLEH!

Malah disarankan. Terutama cemilan-cemilan yang sehat dan alami, yah. Mulai bayi, ajari anak untuk mencemil (bener nggak sih kata 'mencemil itu?) makanan yang segar tanpa proses terlalu panjang alias pabrikan. Bukannya melarang atau bahkan mengharamkan cemilan biskuit-biskuit bayi, lho. Boleh buat makanan hura-hura. Tapi utamakan wholesome foods untuk si kecil (dan juga keluarga).

Setelah bayi mulai belajar makan makanan padat, cemilan menjadi hal yang tidak kalah penting dari makan besarnya. Nah kalo cemilan anak bayi umur 6 bulan apa dong? Ya kalau masih ASI ya kasih aja ASI. Tapi bisa diulik jadi bentuk lain, misalnya, ASI dimasukin ke cetakan es loli, bekukan, jadi deh Momsicle!

Emang anak bayi boleh makan es? Eh, kenapa enggak boleh? Selama badannya lagi fit, memberikan makanan dingin ala-ala dessert kepada bayi boleh-boleh aja kok, Mama. Kecuali kalau memang sedang pilek, batuk, ya masa tega sih dikasih es :D

Untuk bayi mulai 7 bulan, Mama Kece bisa berikan puree buah, sari buah. Saat bayi mulai masuk 8 bulan umumnya sudah mulai terampil mempergunakan tangan untuk memegang benda, Mama Kece bisa berikan camilan berupa aneka potongan sayuran yang dikukus (hati-hati jangan sampai kematengan, blenyek malah nggak bisa dipegang), Buah dalam potongan yang pegang-able untuk bayi, rebusan pasta, dll. Pada umur 9 bulan ke atas, Mama Kece bisa memberikan camilan yang lebih menantang dan mendukung keterampilan si kecil untuk menjumput benda-benda dan mengunyah. Cobalah memberikan aneka makanan seperti buah, sayur yang dikukus, pasta, bola ayam, bola daging, bola-bola nasi lembut, roti tawar yang dipanggang, parutan keju, ubi cilembu panggang yang manis juga jadi cemilan berenergi yang enak!

Trus, kalo dikasi cemilan biskuit bayi bungkusan siap saji itu gimana?

Yaaa... Nggak apa-apa juga. Tapi kan disini kita hadir meng-encourage Mama-mama kece untuk mengajarkan dan membiasakan anak manis (dan juga keluarga) untuk memprioritaskan konsumsi makanan yang segar alami dan rumahan ketimbang processed foods komersial. Jadi, ya kami akan mendahulukan cemilan yang fresh&wholesome daripada yang processed. Buat sesekali selingan hura-hura makan makanan yang non-rumahan tentu boleh! Sesekali yah :D

Nah, udah nggak bingung dong pastinya? Lebih banyak lagi resep camilan dan makanan bayi/anak andalan para Mama Kece ada juga di buku "99+Resep rumahan Cihuy!". Buku ini berisi 99+ resep andalan para member komunitas ini yang sudah teruji rasanya. Silakan diborong untuk dibaca dan dipraktekkan resepnya yaaah!

comments powered by Disqus