Home >> 60 >> Kenapa Sebaiknya Dimulai Umur 6 Bulan?
Kenapa Sebaiknya Dimulai Umur 6 Bulan?
Mungkin tidak semua ibu bisa memberikan ASI ekslusif, namun pada dasarnya pemberian tambahan makanan padat dilakukan pada rentang usia 4-6 bulan. Namun, untuk saat ini penelitian memberikan saran untuk memulai pemberian makanan padat pendamping ASI di umu
d e p e z a h r i a l /
Sun May 2014, 03:05
Buku MPASI Perdana Cihuy!

Memulai Makanan Pendamping ASI.

Mungkin tidak semua ibu bisa memberikan ASI ekslusif, namun pada dasarnya pemberian tambahan makanan padat dilakukan pada rentang usia 4-6 bulan. Namun, untuk saat ini penelitian memberikan saran untuk memulai pemberian makanan padat pendamping ASI di umur 6 bulan.

Mengapa umur 6 bulan:

    1.    pada umur ini, reflek penolakan lidah terhadap sendok sudah lebih rendah
    2.    bayi memerlukan tambahan energi, dan zat gizi makanan lebih banyak
    3.    bayi sudah mampu duduk dan menopang lehernya.
    4.    pada umur ini, saluran pencernaan sudah lebih kuat (mature) daripada bayi di bawah 6 bulan. Artinya akan mengurangi resiko alergi dan masalah saluran cerna.
Cek Juga : http://kellymom.com/nutrition/solids/delay-solids.html

Tujuan Memberikan MPASI

Memberikan pelengkap gizi bagi bayi. Bayi umur 6 bulan ke atas memerlukan lebih banyak energi untuk bergerak dan memerlukan zat gizi, vitamin dan mineral lebih banyak dari saat dia hanya menyusu untuk perkembangan serta pertumbuhan.

Aturan dasar memulai MPASI

    1.    Mulailah dengan senyuman dan hati yang tenang saat akan menyuapi anak. Percayalah, bayi akan merasa tidak nyaman apabila kita merasa gelisah, terburu-buru atau tidak sabar.
    2.    SELALU memberi makanan bayi dengan posisi bayi duduk, baik dipangku, digendong dan yang terbaik menggunakan kursi makan/highchair. Ini untuk mencegah bahaya tersedak dan mengajari kebiasaan baik.
    3.    Sebisa mungkin gunakan sendok bayi untuk menyuapi. Apabila bayi menolak, berhentilah namun coba lagi di lain waktu. Jari tangan boleh untuk melatih mengurangi reflek menolak sendok, namun jangan dibiasakan.
    4.    JANGAN pernah memaksa bayi untuk makan, memaksa sendok masuk ke dalam mulutnya.
    5.    Hormati selera makan bayi. Bayi adalah mahluk kecil yang pintar. Ajari bayi untuk merasakan bahwa dia lapar, memakan makanannya menggunakan sendok, memberi jeda antar suapan, dan berhenti saat merasa kenyang.
    6.    Selalu menceritakan dengan nada gembira saat memberi makanan pada bayi. Misal “ Wahhh.. dedek sedang apa? Makan yah? Cobaa.. mulutnya dibuka kayak ibu nih.. Aaaaa…”
    7.    HINDARI penambahan GARAM ataupun GULA pada makanan bayi. Mengapa? Baca artikel yang ada pada link ini.
    8.    Lakukan pengenalan makanan secara single dengan aturan tunggu 4 hari.
    9.    Lakukan dengan sabar... sabar..sabar... Anak belajar makan, kita belajar melatih anak untuk bisa makan dengan benar.


Cek Juga :
http://mpasirumahan.blogspot.com/2009/08/aturan-tunggu-4-hari.html
http://mpasirumahan.blogspot.com/2009/08/faq-1-buah-atau-sayur-dulu.html

Jangan lupa untuk membeli dan membaca tuntas buku "MPASI Perdana Cihuy" dari komunitas ini, di sana banyak terdapat info dan pedoman praktis dengan bahasa yang mudah dimengerti untuk memulai acara makan-makan pada bayi ini. Termasuk ada tabel AKG (angka kecukupan gizi), URT (ukuran rumah tangga, lengkap dengan hitungan kalori bahan makanan), contoh skema/jadwal pemberian MPASI, serta 20 resep kece yang mudah dipraktikan :)

Image Hosted by ImageShack.us
Tersedia di toko buku Gramedia dan toko buku online :)


Salam Cihuy!

comments powered by Disqus