Home >> 1 >> Kumpulan RESEP-RESEP Kontestan Mama Koki Hand
Kumpulan RESEP-RESEP Kontestan Mama Koki Hand
/
Sun Sep 2008, 00:09
Silakan dilihat-lihat, dipraktekkan dan disajikan pada anak kita tercinta. Namun JANGAN COBA-COBA MENG-COPY/PASTE resep-resep ini tanpa seijin pemiliknya yaitu para KONTESTAN MAMA KOKI HANDAL ! Apalagi untuk kepentingan bisnis apalagi cuman biar dianggap jago masak *doh, malu dong hari gene copas?* MKH Agustus 2008 -> KELAPA untuk MAKANAN UTAMA BUBUR LEMAK *mmmm.. lemak nian!* [caption id="attachment_34" align="alignnone" width="128" caption="klik untuk memperbesar"][/caption]

Berikut adalah resep dan cara pembuatan Bubur Lemak Mama Luh Ayu! (untuk bayi 9 Bulan+)

Bahan-bahannya adalah:

- segenggam beras (saya pakai beras coklat, lebih sehat)

- 200 ml air

- 100 ml kaldu ayam

- 2 sdm santan (dibuat dari segenggam kelapa parut)

- satu buah baby carrot potong kecil-kecil

- labu parang secukupnya

- 3 lembar daun bayam

- 1 batang seledri

- 50 gram daging ayam potong tipis dan kecil

- satu lembar daun pandan

Cara membuat:

* untuk masak bubur saya biasanya menggunakan rice cooker yang bisa untuk masak bubur, atau mungkin mirip dengan cara kerja slow cooker. Tapi bisa juga kok dengan direbus biasa.

1. Cuci beras lalu campurkan dengan air, kaldu, santan, daun pandan, seledri, potongan wortel.

2. kukus labu parang

3. Ditunggu sampai masak (wanginya sedap banget loh)

4. Sesaat sebelum dihidangkan, rebus daun bayam lalu iris tipis dan kecil untuk campuran

5. Hidangkan dengan labu parang. Saya menggunakan labu parang untuk persiapan kalau-kalau si anak tidak suka atau merasa aneh karena ini adalah pengalaman pertama kalinya dengan santan. Selain itu labu parang memang pasangan pas untuk bubur bukan?

=========

MKH September -> PISANG untuk MAKANAN SELINGAN/KUDAPAN

[caption id="" align="alignnone" width="309" caption="klik untuk memperbesar"][/caption] PILOLI (pisang lolly) Karya : Mama Anna Rumawas Persiapan: 1 buah pisang yang sudah matang (supaya gak sepet) 250ml susu UHT (saya pakai Ultra Jaya) à bisa diganti susu formula / ASI untuk yang <1tahun 30 gr yoghurt (saya pakai yoplait petit miam ½ kemasan) à bisa pakai bisa tidak, untuk <1tahun bisa pakai baby yoplait 1 sendok makan madu à bisa dihilangkan untuk anak <1tahun 1 sendok makan tepung maizena Sejumput coklat bubuk 1 Cetakan es loli Cara Membuat 1. Blender susu, yoghurt, pisang, madu sampai rata tercampur 2. Campur tepung maizena dan coklat bubuk dengan sedikit air hangat 3. Masukkan hasil blender (no 1) dengan maizena cair ke dalam panci dan aduk rata 4. Masak dengan api sedang sampai meletup2 5. Tuang ke dalam cetakan es 6. Setelah dingin, masukkan tusukan es loli dan simpan di lemari es sampai mengeras Tips Setelah beku dan ingin diberikan pada anak, rendam dulu cetakan es di air biasa sekitar 1-2 menit agar mudah diangkat. Jika menggunakan susu formula, jangan di rebus bersama dengan tepung maizena, tapi campurkan kemudian dan aduk rata sebelum dicetak.

Catatan Mbak Ena:

Sangat tidak disarankan menggunakan ASI. Karena ASI memang TIDAK untuk diolah. Pengolahan terhadap ASI justru akan merusak ASI itu sendiri. Makanya, ASI yang disimpan tidak boleh dicairkan dengan cara direbus. Cukup direndam diair hangat saja. Maizena bisa diganti dengan tepung hunkwee. Hasilnya mirip dengan es kue jaman dulu. (maklum, yang meriksa emak2 jadul neh.. hehhehehe…) Beberapa anak memiliki resistensi rendah (alergi) terhadap coklat, sehingga penggunaan coklat bubuk bisa dihilangkan. Penganan ini bisa dikonsumsi oleh anak usia > 9 bulan Penggunaan madu untuk anak dibawah setahun tetap bisa dipertahankan. Cuma gunakan madu khusus untuk anak dengan jumlah separuh dari yang dicantumkan pada resep. Jika tidak punya cetakan es loli, tuang saja adonan dalam cetakan persegi lalu diamkan hingga mengeras. Potong2 dan simpan dalam freezer. ^_^ (red: berlaku apabila maizena diganti dengan hunkwee) Next... [caption id="" align="alignnone" width="302" caption="klik untuk memperbesar"][/caption] Donuts Pisang Karya Mama Sisca Bahan : 500 gram tepung terigu cakra 100 gram susu formula 50 gram gula pasir 1 bungkus Permifan / Ragi instant 4 buah kuning telor 4 buah pisang raja bulu masak, buat pasta (diparut halus) garam sedikit 80 gram mentega (aku pake mentega ForVita) air dingin kira-kira 100-110 ml Cara membuat : * masukkan ke dlm wadah smua bahan, kcuali garam dan mentega, ulenin sampai agak kalis * masukkan garam dan mentega, dan ulenin sampai kalis * diamkan kira-kira 20 menit * stlh itu bentuk adonan menjadi bulatan bulatan spt bola, dan diamkan lagi kira-kira 30-45 menit, dan tutup wadah dg menggunakan serbet * panaskan minyak dg api kecil * ambil bola bola adonan donuts dan lubangin dg menggunakan sumpit, goreng sambil diputar putar tengahnya dg sumpit * angkat donut dan tiriskan (gantung di sumpitnya) *donut siap dihidangkan dan bila suka, bisa diksh topping spt meises, gula halus, coklat cair, tp donut polosan juga udah enak kok (mnr aku loh..) Cerita pengalaman: "jujur saja..aku sblmnya tdk pernah membayangkan yg namanya donuts pisang itu spt apa sih?? hihihih selama ini taunya cuman donat kentang saja. Makanya pas pengen ikot tantangan dari milis mamakukokihandal aku tuh agak nekad aja. Dlm hayalan sih..itu donut hrsnya enak sih..tp cuma kuatir bantat ga ya?? hahaha ternyataa...mengembang juga...dan yg lucu lagiii..kok Davina, anakku, doyan loh..hahahaha pdhl pas mau ambil foto dia pas makan donuts aku sempet worried, dia doyan apa engga. eeeh ternyata dia sukaa..duh..seneng benerrr liaaat dia makan donuts buatan emaknya !! Cuma, jujur saja..bentuk donut pisang aku sih jauh dari Cantik, hahahaha!! maklumlah...buletinnya ga pake cetakan, dah gt bolonginnya juga cuman pake sumpit aja. aku seneng aja dah bisa meramaikan milis mamaku-kokihandal. Ga menang ga masalah kok!! hahahahaha tp plg engga..udah berani mencoba buat donut pisang yg slm ini aku blm pernah makan seumur hidupku! hahaha" Catatan mbak Ena : 1. Jika tidak ada susu yang ada dalam resep, gunakan saja susu bubuk full cream karena rasa lebih gurih dan masih bisa dikonsumsi anak. Penggunaannya cukup separuh dari jumlah yang ada dalam resep. 2. Garam bisa dihilangkan. 3. Mentega dan margarin adalah 2 hal yang berbeda. Mentega terbuat dari lemak hewani. Dalam bahasa inggris disebut butter. Di Indon, anda bisa membelinya dengan merk beragam antara lain: anchor, elle & vivre, dlsb. Sementara margarin (margarine) terbuat dari lemak nabati. Contoh yang beredar adalah ForVita, Blue Band, dll. Sebaiknya, gunakan butter yang unsalted karena lemak dalam butter lebih sehat untuk dikonsumsi oleh anak2. 4. Penganan ini bisa dikonsumsi oleh anak usia > 9 bulan. Next Recipe !!! [caption id="" align="alignnone" width="320" caption="klik untuk memperbesar"][/caption] PIJELLY (pisang jelly) Karya Mama Anna Preparation: 1 buah pisang yang sudah matang 1 bungkus jelly bubuk (saya pakai nutrijel) à pilih yang tanpa warna untuk mengurangi pewarna 2 sendok makan madu anak à bisa dihilangkan untuk < 1 tahun 2 sendok bebek gula à bisa dihilangkan untuk < 1 tahun 1 sendok makan sirup merah (saya pakai marjan) à ini supaya anak saya mau makan karena kalau warnanya putih tok langsung ditolak tanpa dirasa :D 700 cc air matang Cetakan agar-agar Blender Cara: 1. Blender ¾ pisang dan madu dengan sedikit air 2. Campur nutrijel dengan gula 3. Tuangkan air matang dan pisang blender (1) dalam campuran nutrijel dan gula (2) 4. Rebus sampai matang - aduk2 terus selama memasak 5. Potong dadu ¼ pisang sisanya 6. Cetak agar-agar (4) di cetakan agar-agar 7. Masukkan potongan dadu pisang ke dalam cetakan 8. Setelah dingin, simpan dalam lemari es sampai membeku Catatan Mbak Ena : 1. Sirup, apapun merknya, pasti mengandung pewarna. Jika memungkinkan, gunakan saja jus yang alami (tanpa pewarna dan pengawet). 2. Jika ingin hasil yang berwarna, kenapa tidak menambahkan material lainnya such as stroberi. 3. Penganan ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh anak usia dibawah 1 tahun untuk menghindari kesedak jelly. Akan lebih banyak resep kreasi para Mama yang mencintai makanan rumahan untuk Putra dan Putri tercintanya ! Silahkan datang kembali ya!!! lots of love, ? Mama Koki ?
comments powered by Disqus