Home >> 1 >> Inilah Mama Pejuang Handal Agustus 2009 !
Inilah Mama Pejuang Handal Agustus 2009 !
/
Mon Aug 2009, 11:08
Pfff..... Saya akan membuat cepat-tepat-straight to the poin karena saya lagi dikejar-kejar ujian di kampus (*_*) (curcol) Baiklah, sebelum saya mengumumkan hasil keputusan Mbak Ena Lubis -juri MKH kita- saya akan mengkutipkan curhatan beliaunya yang demi menjaga durasi .. eh... space sudah saya edit dengan tidak mengurangi makna. MERDEKA...!!!! Hebat… Salut… Mantab…. Kreatifitas peserta kali ini TOB BGT.. cumaaaaa.. aku rada sedie nie baca resepnya… resep2 kali ini adalah yang paling parah teknis penulisan resepnya dibandingkan semua resep yang pernah saya jurikan di MKH tercintah ini.. hehehhe… Perlu Contoh..???? 1 takar beras tuh berapa gram..??? kalo iya takarannya punya kamu ama saya sama ukurannya.. kalo ga..??? lha patokanne iki piye tohhh… *sambil garuk2 kepala* coba kalo ditulis 100 g beras.. lebih tepat toh? Atau secuil gula.. lhaa..??? secuil tuh seberapa yaaa..??? bukannya lebih enak bilang ¼ sdt gula…??? Lebih jelas kan..??? Di resep lainnya saya juga menemukan.. 1 bungkus agar2 + susu cair.. berapa banyak, ibu..??? ga jelas nih… Kenapa saya begitu bawel dengan teknis penulisan resep..?? Saat kita merilis suatu resep untuk di-share ke orang lain.. maka sebaiknya tulis resep tersebut sejelas mungkin.. kenapa..??? karena tidak semua orang memiliki takaran yang sama… lalu bagaimana menyamakannya..???? Ibarat menggunakan bahasa.. coba bayangkan kalau anda dan teman2 anda yang berasal dari daerah yang berbeda2 menggunakan bahasa daerah masing2 ketika bercakap2.. apa yang akan terjadi..??? apakah kita akan “nyambung” satu sama lain..??? saya rasa tidak.. itulah fungsinya, di Negara ini ada bahasa ibu yaitu bahasa Indonesia.. yang digunakan sebagai pemersatu semua warga Negara meski berbeda suku, budaya dan bahasa… Mama, beberapa waktu lalu saya sudah infokan.. teknis penulisan resep tolong diperhatikan.. karena meski idenya brilian, kalo ga jelas ukurannya saya juga bingung nie nilainya.. hiksss… sayang kan, idenya dah mantab banget kalo kalah gara2 teknis penulisan doank.. Menyusun resep itu sebetulnya susah susah gampang.. gampang kalo kita dah terbiasa masak dan terlatih untuk itu… susah, kalo kita harus baca resep yg ga jelas ukurannya.. Mungkin apa yang saya sampaikan diatas akan menyinggung perasaan peserta MKH kali ini.. tapi percayalah, saya utarakan semua ini untuk kepentingan kita bersama tanpa maksud lain.. saya utarakan semua ini semata2 untuk mengingatkan, bahwa di lomba ini kita juga harus menjunjung tinggi kesetaraan dalam berbahasa sehingga apapun yang disampaikan dapat dimengerti oleh semua pihak. Percayalah, saya sendiri selalu berusaha seobyektif mungkin dalam menilai seluruh resep2 yang dikirimkan kepada saya.. yang saya pedulikan adalah bahwa resep yang dikirimkan tidak hanya memiliki ide yang kreatif, takaran gizi yang baik dan rasa yang enak, tapi juga mampu diaplikasikan oleh semua orang tanpa terkecuali. So, saya harap, untuk MKH bulan September, pesertanya sudah memperhatikan benar standar/teknis penulisan resep yang baik.. pesertanya sudah bener2 “ikhlas” berbagi resep karyanya dengan orang lain… Dan, bersama ini saya umumkan.. pemenang pertama MKH bulan agustus 2009 adalah: Intsy Beet-sy Tumpeng! Pemenang berikutnya adalah : Gindara Saus Bit, Robita, Nasi Merah Komplit ! Ternyata Mama Rara Galuh Pramasassya Yang Menjadi Pejuang Handal Bulan ini...! Selamat yaaaaa! Sebuah buku Kue Kering dari Ena Lubis segera dikirim ke rumah Mama! Ini dia Resepnya..... *foto sedang dikerjakan layoutnyah, sementara bisa dilihat di blognya Mama Rara* Intsy Beet-sy Tumpeng! Resep Oleh: Mama Rara Galuh P. Bahan 1 ( untuk lapisan merah ) : - 150gr daging giling - 100gr beet kukus - dihaluskan - 1 butir telur kocok - 2 sendok makan tepung roti - Bumbu halus tumis ( bawang putih, bawang merah, garam merica sesuai selera ) Bahan 2 ( untuk lapisan putih ) : - 200gr nasi putih - keju parut - 1 butir telur kocok Perlengkapan : - 1 bh piping bag ( plastik segituga ) ukuran kecil, atau bisa diganti dengan pinggan tahan panas bentuk apa aja aja ( tapi jadinya ngga kaya tumpeng hehe ) Cara Memasak : 1. Campur semua bahan 1 , aduk rata sisihkan 2. Campur semua bahan 2, aduk rata sisihkan 3. Siapkan piping bag ( plastik segitiga ) masukkan adonan bahan 1, tekan sampai padat. Lalu masukkan adonan bahan 2 lalu tekan sampai padat, ikat ujung plastik. Kukus selama kurang lebih 30 menit 4. Buka plastik, tumpeng siap dihidangkan. Bisa dihidangkan dengan sayur kukus, sup atau telur rebus :) Note : Karena warna beet yang merah keunguan jadi daging nampak berwarna merah ( nampak belum matang ) tapi sebenernya udah mateng kok, pastikan mengukusnya cukup lama ^_^ Selamat Ulang Tahun Republik Indonesia!! Semoga anak - anak Indonesia selalu mendapat makanan bergizi hasil masakan mama nya ...^_^ =======++++====== Untuk resep lainnya bisa dilihat di bagian kumpulan resep FINALIS Mamaku Koki Handal di bagian BIT yah! Sampai Jumpa di Tantangan SEPTEMBER CERIA! MERDEKA ! ? MamaKoki ?
comments powered by Disqus