Home >> 1 >> Hijau Hijau Kacang Hijau! MKH Maret '09
Hijau Hijau Kacang Hijau! MKH Maret '09
/
Mon Mar 2009, 12:03
[caption id="attachment_136" align="aligncenter" width="250" caption="diambil dari wikipedia"][/caption] Kacang Hijau, Kacang Ijo, Mung Beans.... Dari kita -para wanita- sedang hamil, disarankan minum air rebusan kacang hijau supaya rambut anak lebat (tapi kayaknya hanya mitos deh). Begitu melahirkan dan akhirnya si bayi mulai makan, si kacang kecil ini jugalah yang bisa ditambahkan dalam menu makanannya. Bahkan, Tepung Hunkwee yang biasa dibuat bahan Es-Roti atau camilan anak pun berasal dari sari kacang hijau ini. begitu gedean dikit, kacang hijau dijadikan obyek penelitian di sekolah, kelar percobaan, sisa kacang hijaunya dibuat bubur kacang hijau dan kalo anak bandel bisa dijadikan 'peluru' pada permainan supit.. hahahaha.... Wah.. apakah begitu besar kandungan gizinya sehingga si kacang kecil ini direkomendasikan untuk menjadi makanan yang baik untuk ibu hamil sampai orang dewasa? Lihat saja Fakta Nutrisi-nya (diambil dari wikipedia.org): boiled mung beans Nutritional value per 100 g (3.5 oz) Energy 110 kcal 440 kJ Carbohydrates 19.15 g - Sugars 2.00 g - Dietary fiber 7.6 g Fat 0.38 g Protein 7.02 g Vitamin C 1.0 mg 2% Calcium 27 mg 3% Magnesium 0.298 mg 0% Phosphorus 99 mg 14% Potassium 266 mg 6% Sodium 2 mg 0% Percentages are relative to US recommendations for adults. Source: USDA Nutrient database Waaw! ternyata kacang hijau juga merupakan sumber karbohidrat dan protein nabati yang baik.

Oleh karena itu, Instruksi untuk Tantangan MKH Bulan ini adalah:

" Buatlah olahan masakan jenis APAPUN yang berasal dari KACANG HIJAU. Kacang hijau utuh, kacang hijau kupas, tepung kacang hijau, asal BUKAN tepung hunkwee yah! "

Bulan ini, seorang teman yaitu Mbak Tesa memberikan hadiah:

2 (dua buah) Mini Paket Baby Safe Feeder plus Mesh Bag untuk 2 (dua) pemenang MKH Bulan ini!

Asik kan? Jadi segera pergi ke dapur, liat-liat buku resep untuk cari inspirasi dan BUATLAH SEBUAH RESEP BARU yang kreatif dan jangan lupa, fotolah hasil masakan mama dan juga jangan lupa foto putra/putri-nya dengan pose sedang happy memakan masakan mama !!!

Cek dulu PERATURANNYA DISINI yah!!!!

Salam Kacang Ijo!

? Mama Koki ?

comments powered by Disqus