Home >> 1 >> [winner januari] Telur Bebek oh telur bebek..
[winner januari] Telur Bebek oh telur bebek..
/
Fri Jan 2009, 14:01
Tanggal 30 Januari, artinya kita harus sudah punya 1 orang lagi yang menjadi Mama Koki Handal! Saya nggak ngerti kenapa, kok tema Wild Cooking Telur Bebek ini sepertinya agak membingungkan para calon Mama Koki untuk berpartisipasi. Sampai tanggal 25, deadline entri resep belom ada yang kirim... Wah, pasrah aja, mungkin hadiahnya ga teralu menarik ya? (huhuhuhu....) Tapi ternyata tanggal ... januari (lupa) , muncullah e-mail dari 1 peserta yang dengan segera saya forward resepnya ke Juri Handal kita - Mbak Ena Lubis - yang sedang menunggu kelahiran anaknya yang ke tiga. dan inilah komentar Mbak Ena, akhirnyaaa.. aku dapet resep yang benar2 KREATIP... ^_^ Tambahan dari saya.. -> putih telur bebek sebenarnya tetap bisa diberikan karena kandungan gizi di putih telur juga tinggi dan tidak ada di kuning telur... untuk mengurangi bau amisnya, pisahkan kuning dan putih.. nah biasanya pada saat proses pemisahan kan ada "mata" telurnya.. itu lhoo.. bagian yang nempel ke kuning telur, warnanya putih agak butek dikit dan lebih kenyal.. itu yang dibuang.. (catatan: berlaku untuk anak diatas 9 bulan, tunda pemberian putih telur untuk memperkecil resiko alergi ) -> gunakan daun salam yang kecil saja.. atau kalau tidak ada, pake separuh helai daun karena kawatir malah mengganggu (untuk beberapa orang/anak) karena baunya yang cukup tajam... -> bawang bombay sebaiknya digerus/dihaluskan/diparut saja dan gunakan 1/2 sdt supaya tidak terlalu tajam... itu dulu yaaa... Lha.... apa resepnya dong? siapa yang jadi winner MKH Januari 09 ? pemenangnya adalah, Mama Emma Soraya (lagi!) !!! dan inilah resepnya! MAKARONI SAYUR SAUS ala CARBONARA ! Bahan: 1 sdm Makaroni rendam air panas 1 sdm tahu potong kecil-kecil 1 sdm wortel parut 1 sdm sayuran hijau (brokoli, bayam, dll) cincang (bu'e pake sawi bakso) Saus: 1 butir telur bebek, ambil kuningnya saja 1 sdt bawang bombai cincang 1 sdt teri nasi 1 sdt daun bawang cincang halus 1 sdm peres oatmeal yang sudah digiling 1 sdm peres yoghurt 1 lembar daun salam Sejumput keju 1 sdt unsalted butter untuk menumis Air secukupnya Cara membuat: 1. Rendam teri nasi dengan air panas tambahkan garam sejimpit agar asinnya hilang/ berkurang. 2. Rebus dengan air yang tidak terlalu banyak: makaroni yang telah direndam air panas dan tahu potong hingga makaroni lunak, masukkan wortel parut dan sayuran cincang. Angkat dan sisihkan jika sudah matang. Harapannya airnya ngepas, jadi tidak usah meniriskan. 3. Tumis bawang bombai hingga wangi. Masukkan teri dan daun bawang, aduk lagi. Masukkan tepung oatmeal, aduk sebentar, masukkan yogurt dan keju. Tambahkan air secukupnya. Masukkan kuning telur bebek dan untuk ngilangin amisnya saus ini masukkan juga daun salam, aduk rata hingga kuning telur matang dan saus creamy.. Angkat. 4. Buang daun salam dan siramkan saus ke makaroni sayur. Aduk rata dan sajikan hangat.. 5. Biar hangatnya awet.. boleh donk pake mangkok MKH november... hehe... zams ngemel dan ketiwi2... deh.. gitu juga bu'e Selamat ya.. ahahahahahhaha.....! Buat yang lain, jangan takut duluan, bukan yang jago masak yang bisa menang, tapi yang CINTA sama anak yang akan jadi juaranya (^__^) Bulan depan bakalan seru! karena bakal berhubungan dengan topik yang lagi rame di Milis MPASI Rumahan kita tercinta! salam! ? Mama Koki ?
comments powered by Disqus